SULAWESI,HETANEWS.com-Viral di media sosial warga di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) menangkap ular piton sepanjang 7 meter. Sontak penemuan ular membuat geger warga setempat.

Dalam video yang beredar, ular dengan ukuran cukup besar tersebut sedang dipikul ramai-ramai oleh warga setempat. Warga yang terlihat mengangkat ular yang sudah dibunuh itu dengan susah payah menuju pemukiman.

Informasi yang dihimpun, ular itu ditemukan warga yang sedang membersihkan lahan pertanian kolektif di Desa Latompe, Kecamatan Lawa, Muna Barat pada Rabu (21/09).

"Itu ular saya temukan pertamakali di semak-semak pas waktu saya sedang membabat rumput sekitar pukul 07.30 Wita," kata La Densi warga setempat kepada kendarinesia, pada Jumat (23/09).

La Densi mengatakan saat ditemukan, ular piton tersebut tengah terdiam dibalik semak-semak. Ia yang kemudian kaget dan berusaha memanggil 2 warga lainnya untuk membantu mengamankan piton dengan ukuran besar itu.

"Saya lihat itu ular dia lagi tidur sepertinya karena tidak goyang. Otomatis saya kaget dan panggil teman. Jadi kita 3 orang itu yang amankan pertama," ungkapnya.

La Densi mengungkapkan sebelum menangkap ular tersebut, terlebih dulu semak-semak yang mengelilingi ular dibersihkan. Setelah semak-semak dibersihkan, lalu kepala ular tersebut dihantamkan pakai parang hingga mati.

"Kita bersihkan dulu rumputnya lalu dihantamkan pakai parang karena besar sekali ularnya," ujar dia.

Ia mengaku ular tersebut tidak begitu sulit diamankan karena dalam kondisi sulit bergerak. Setelah berhasil dikuasai, warga yang merupakan petani sekitar lalu mengevakuasi ular tersebut untuk dijual ke pembeli.

"Kurang lebih panjangnya itu ular 7 meteran dan yang angkat 8 orang karena berat sekali," ujar dia.