MEDAN,HETANEWS.com-Demo menolak kenaikan harga BBM akan dilakukan kelompok PA 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (23/9) siang. Sebanyak 3.800 personel gabungan TNI-Polri disiagakan mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.

"Jadi hari ini ada beberapa titik demo di Jakarta Pusat namun yang terkait dengan BBM hanya di Patung Kuda. Seperti di Kemenhub kemudian di kantor partai terus ada di perusahaan-perusahan juga," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin kepada wartawan, Jumat (23/9).

"Yang terkait BBM hanya GNPR (Gerakan Nasional Pengawal Rakyat/PA 21) di Patung Kuda jadi untuk seluruh wilayah Jakarta Pusat disiagakan personel gabungan TNI-POLRI sebanyak 3.800," sambungnya.

Terkait penutupan Jalan di sekitar lokasi demo, Komarudin mengatakan sifatnya situasional. Lebih lanjut, ia meminta pengunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya secara tertib.

"Kami masih Situasional ya sekiranya perlu ditutup kami akan tutup kalau tidak perlu kita normalkan. Makanya imbauan kami kepada masyarakat silakan menyampaikan aspirasi secara tertib," tuturnya.

"Kami telah menyiapkan tempat di gerbang Barat daya Monas kalau massa tetep bersikeras menyampaikan aspirasi di Jalan Medan Merdeka Barat tentu akan ada pengalihan-pengalihan," jelasnya.

Pantauan kumparan di lokasi, Jumat (23/9), water barier sudah terpasang tepat di depan Patung Kuda. Lalu, ada pembatas beton lengkap dengan kawat berduri yang terpasang tepat di bawah JPO.

Kendaraan pribadi dan Bus Transjakarta kini dialihkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan.