JAKARTA, HETANEWS.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkap arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam rapat konsolidasi kepada kepala daerah kader PDIP yang digelar hari ini, Kamis (21/9).

Megawati, kata Ganjar, meminta para kepala daerah dari PDIP untuk fokus mengurus daerah masing-masing.

"Ya pada enggak usah ikut dansa politik gitu. Tugas kita kan suruh diperintahkan untuk ngurus daerah. Ya sudah kan kita kepala daerah," kata Ganjar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Ganjar mengatakan Megawati juga meminta para kadernya untuk terus terjun ke bawah bersama masyarakat. Semua kader diminta memperhatikan ekonomi masyarakat, terlebih usai pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Politik anggaran merespons persoalan-persoalan akibat kenaikan BBM. Maka semua mesti bicara soal ekonomi kerakyatan," katanya.

Mega, kata Ganjar, mewanti-wanti para kadernya terkait krisis pangan. Ada kepala daerah yang diminta untuk menanam 10 tanaman pendamping beras.

"Enggak boleh korupsi. Tadi ditekankan betul oleh Ketua Umum," kata Ganjar.

Para kader pun diminta untuk membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). Saat ini, Brida baru dibentuk di Bali dan Jawa Tengah. Mega meminta para kepala daerah lain untuk mengikuti langkah serupa.

"Maka ini menurut saya ini rapat yang cukup penting agar daerah bisa merespons hal-hal yang sifatnya lebih aktual," katanya.

Sumber: cnnindonesia.com