SIMALUNGUN, HETANEWS.COM - Terkait diabaikannya kesepakatan antara DPRD Simalungun, Pemkab Simalungun dan PTPN IV untuk menghentikan kegiatan penanaman kelapa sawit di Kebun Bah Butong, Sidamanik, akhirnya membuat Pemkab Simalungun mengeluarkan surat Sanksi Administrasi kepada PTPN IV.

Hal ini disebabkan hasil penelusuran pihak Pemkab Simalungun, pasca kesepakatan tersebut ada sekitar 20 ha lahan yang seharusnya dihentikan kegiatannya malah telah ditanami sawit oleh PTPN IV.

Hal ini membuat Pemkab kemarin, Rabu (22/09/2022) memanggil pihak PTPN IV untuk tidak mengabaikan kesepakatan tersebut. Dan, dalam rapat itu PTPN IV pun mau untuk mengikuti kesepakatan yang ada.

Namun, hasil penulusuran yang dilakukan oleh Pemkab Simalungun hari ini, Kamis (23/09/2022) kegiatan penanaman masih terus dilakukan akhirnya Pemkab Simalungun memutuskan untuk mengeluarkan sanksi terhadap PTPN IV.

"Kita berikan sanksi Administrasi kepada pihak PTPN IV, karena tidak menjalankan kesepakatan yang sudah disepakati bersama DPRD kemarin, " Ucap Kadis Lingkungan Hidup Daniel Silalahi.