SIMALUNGUN, HETANEWS.COM - Beberapa waktu lalu, Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Simalungun memberikan penghargaan kepada salah satu atlit yang memiliki prestasi dalam kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Ternyata pemberian tersebut berdasarkan peraturan Deputi Pemberdayaan Olahraga di Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Nomor 1.17.5 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis pemberian penghargaan olahraga kepada pelaku olahraga berpreatasi tahun anggaran 2022.

Dalam pasal 15 disebut kejuaraan olahraga adalah kejuaraan tingkat nasional/international yang penangggung jawab penyelenggaranya adalah Induk Organisasi cabang olahraga Nasional/international.

Dan dalam Bab IInya disebutkan persyaratan dan prosedur, dimana dalam persyaratan dibagi dua yakni Umum dan Khusus, yakni persyaratan umum ada 4 yaitu bersetatus warga negara Indonesia, permohonan/usulan dari yang bersangkutan dan/atau secara kolektif diajukan oleh Dinas/badan/instansi/lembaga/organisasi yang menangani olahragaolahraga, atau induk organisasi cabang olahraga baik tingkat pusat maupun daerah.

Calon penerima penghargaan dapat diajukan/diusulkan tim penilaia atas masukan pejabat/lembaga keolahragan yang dapat dipertanggungjawabkan, calon penerima penghargaan dapat diusulkan dan/atau ditetapkan oleh pejabat yang berwenang berdasarkan hasil prestasi yang dicapai pada kejuaraan nasional/international dan telah diketahui oleh masyarakat.

Berdasarkan hal tersebutlah kata Kadispora Andri Rahardian, Selasa (20/09/2022) mereka memberikan penghargaan kepada salah satu atlit.

""Nah kalau Rosalina Simanjuntak kita berikan dari Wushunya yang ikut sampai tingkat SEA Games, dimana Rosalinda Sudah mendapat Medali Perak pada kegiatan Sea Game, membawa serta mewakili Negara Indonesia, Propinsi Sumut Dan Kabupaten Simalungun,"Ucapnya.