SIANTAR, HETANEWS.com - Program digitalisasi UMKM di Siantar diluncurkan. Sebanyak 54 pelaku UMKM dilatih oleh Mentor dari Tokopedia. Kegiatan ini digelar di Balaikota Siantar, Senin (19/9/2022).

Plt Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Herbert Aruan berharap para pelaku UMKM lebih inovatif dan mandiri.

“Selain itu diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan produk-produk UMKM Kota Pematang Siantar serta meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM tentang pemasaran produk melalui digitalisasi,” kata Herbert dalam keterangan pers Kominfo Siantar.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani mengatakan digitalisasi UMKM menjadi sesuatu yang sangat penting bagi para pelaku UMKM.

Dengan penggunaan platform digital, kata Susanti, dapat membantu para pelaku UMKM menjalankan usahanya di masa sulit akibat pandemi.

Digitalisasi merupakan perubahan dari sistem konvensional ke modern sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis serta operasional UMKM.