SIANTAR, HETANEWS.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Korps Lalu-lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas) di Siantar dimeriahkan dengan Car Free Day. Perayaan ini sekaligus adanya pemutihan pajak kendaraan.

Kegiatan Car Free Day berlangsung di Jalan H Adam Malik, tepatnya di depan gedung DPRD Kota Pematang Siantar, Minggu (18/7/2022) sekitar pukul 06.60 hingga 10.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri Kadis Perhubungan Kartini Batubara dan Sekretaris Dinas Pariwisata Muhammad Hamam Soleh AP.

Kegiatan Car Free Day diisi dengan senam bersama dan games, seperti perlombaan tradisional terompa (bakiak), dan kuis seputar lalu-lintas dan Samsat.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Car Free Day mendapatkan animo dari masyarakat.

Sebab banyak masyarakat yang memanfaatkan momen kegiatan tersebut untuk melakukan aktivitas olahraga.

Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang tertib berlalu-lintas guna mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran (Kamseltibcar) Lalu-Lintas dalam rangka Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

"Serta dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu-lintas serta menekan terjadinya pelanggaran berlalu-lintas," sebutnya.

Kapolres juga mengajak pengunjung Car Free Day untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas, baik bagi diri sendiri maupun edukasi keselamatan bagi keluarga dan lingkungan.

Kepala Kantor Samsat Pematang Siantar Fuad Ghazali Damanik mengatakan, masyarakat Kota Pematang Siantar diajak untuk memanfaatkan program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahun 2022, yang dimulai 6 September hingga 30 November 2022.

Sebab, mulai tahun 2023 kebijakan penghapusan data kendaraan bermotor yang tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun akan mulai diberlakukan.

Car Free Day juga dimeriahkan dengan kuis dengan hadiah seperti helm pelindung berkendara, pemanas teh, termos, peralatan rumah tangga, dan lainnya.