SIANTAR, HETANEWS.com - Suprayetno als Mei (45), bekerja sebagai karyawan BUMN di Kebun Bah Butong, warga jalan Pdt JW Saragih terbukti sebagai pengedar narkotika sabu dan pil Ectacy.

Ia dihukum 14 tahun penjara, denda Rp 7,5 Milyar. Jika tak sanggup bayar denda diganti hukuman pidana penjara selama 6 bulan. Terdakwa dinyatakan bersalah melanggar pasal 114 (2) UU RI No 35/2009 sebagaimana dakwaan primer jaksa penuntut umum.

Putusan yang dibacakan ketua majelis hakim Irwansyah P Sitorus disidang Pengadilan Negeri Siantar yang digelar secara elektronik, Senin (5/9/2022) lebih ringan dari tuntutan pidana JPU.

Sebelumnya, jaksa Ester Lauren dari Kejaksaan Negeri Pematangsiantar menuntut pidana penjara selama 16 tahun denda Rp.7,5 Milyar subsider 1 tahun penjara.

Hal yang memberatkan terdakwa karena tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan dan belum pernah dipidana.

Berdasarkan fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, saat ditangkap dari pinggir jalan SM Raja Kelurahan Bane Siantar Utara pada Kamis, 14 April 2022, petugas menyita 1,62 gram sabu dan 306 butir pil Ectacy seberat 108, 89 gram.

Terdakwa menjatuhkan sepaket sabu yang dibungkus kertas timah dari tangannya, saat melihat keberadaan petugas personil Polresta Siantar.

Selanjutnya, dilakukan penggeledahan di rumah terdakwa di jalan Pdt.JW Saragih Kelurahan Tanjung Pinggir. Ditemukan sabu dan juga pil Ectacy sebanyak 306 butir dari dalam kaleng rokok Gudang Garam dan hape.

Diakui terdakwa, sebelumnya belanja sabu sebanyak 10 gram seharga Rp.3 juta dan pil Ectacy seharga Rp.4 juta untuk dijual lagi kepada siapapun yang memesannya. Sabu dan Ectacy dibeli dari Koko (DPO) melalui Lely (DPO) dengan cara pembayaran melalui transfer Atm Bank BRI.

Dalam persidangan, terdakwa Suprayetno didampingi pengacara Erwin Purba dari Posbakum PN Siantar diberi kesempatan selama 7 hari untuk pikir-pikir atas putusan tersebut. Terdakwa boleh menyatakan terima ataupun mengajukan banding ke PT Medan.(Ay)