HETANEWS.com - Kawasan Danau Toba dilanda hujan yang lebat dalam minggu ini. Hal ini sesuai dengan prediksi oleh BMKG Wilayah I Medan bahwa intensitas tinggi. Tingginya curah hujan yang berlangsung mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor dibeberapa titik kawasan danau toba.

Salah satu titik longsor terjadi disekitar wilayah Toba Caldera Resort yang mengakibatkan beberapa lokasi jalan yang rusak dan beberapa prasarana rusak.

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Babinsa Koramil Lumbanjulu bersama masyarakat Sigapiton bersama-sama melakukan gotong royong pembersihan lahan jalan menuju Desa Sigapiton.

Kegiatan gotong royong ini merupakan langkah cepat untuk dapat membersihkan akses jalan agar dapat dilewati kendaraan.

Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengapresiasi kerjasama dengan masyarakat dalam penanganan pertama dalam hal perbaikan akses jalan.

“Kami ikut prihatin dengan bencana ini. Terkait dengan kegiatan gotong-royong kami siap membantu dan mendukung. Ini merupakan gerak cepat bersama dalam penanganan longsor di sekitar wilayah Toba Caldera Resort,” ujar Jimmy.

Terkait kerusakan sarana dan prasarana, lanjut Dirut BPODT akan dilakukan koordinasi dengan Kades Sigapiton dan Pemkab Toba.

Beliau juga mengatakan beberapa minggu ini hujan melanda kawasan danau toba sangat tinggi intensitasnya. Beliau mengharapkan masyarakat juga harus tetap waspada dengan cuaca yang sangat ekstrim.

Menurut Hisar Butar-butar, Kepala Desa Sigapiton terkait gotong royong mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu supaya akses kendaraan menuju Desa Sigapiton tidak terganggu. Dia menjelaskan saat ini kendaraan sudah dapat dilalui ke Sigapiton.