HETANEWS.com - Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak meninjau langsung bencana longsor dan banjir bandang, di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (28/8/2022).

Kedatangan Panca Putra disambut oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bersama Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak dan lainnya. Panca meminta pemerintah daerah merapatkan barisan untuk mengatasi kesulitan masyarakat.

"Beberapa hal saya sudah sampaikan kepada Wakil Bupati Toba ini harus segera diatasi. Pemerintah daerah harus merapatkan barisan untuk mengatasi kesulitan masyarakat kita yang tertimpa bencana ini," kata Panca.

Dirinya juga mengajak masyarakat membuat program untuk jauh ke depan dalam menanggulangi banjir atau tanah longsor .

"Misalnya kenapa debit air cukup besar dari atas gunung ini, harus bisa diatasi dengan mempertahankan kondisi hutan dan alam yang ada di dalamnya. Saya minta diperhatikan karena ini aliran sungai, maka perlu ada relokasi dimana masyarakat bisa tinggal. Inilah langkah yang dilakukan," ujar Panca.

Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak mengaku akan segera melakukan pembersihan material longsor dan banjir bandang.

"Apa yang disampaikan oleh Pak Kapolda kita segera laksanakan. Beberapa alat sudah kita turunkan untuk melakukan pembersihan dan akan melakukan relokasi sungai," jelasnya.

Tonny juga turut prihatin atas kejadian yang meruntuhkan satu unit rumah milik warga oleh banjir bandang. "Kita sudah berikan bantuan berupa sembako dan lainnya. Kita akan lakukan dapur umum," katanya.

Pemkab Toba secepatnya akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk dapat menggulagi bencana ini.

sumebr: suara.com