RAHAT, HETANEWS.com - Arkeolog Israel menemukan sebuah rumah mewah berusia 1.200 tahun pada Selasa (23/8/2022), memperluas pengetahuan tentang wilayah gurun selatan lokasi satu masjid baru-baru ini ditemukan.

Digambarkan sebagai "perkebunan pedesaan yang mewah" oleh Otoritas Barang Antik Israel (IAA), rumah mewah pada masanya itu memiliki lorong berlapis marmer dan dinding yang dihiasi dengan lukisan.

Bangunan pertama dari jenisnya yang ditemukan di gurun Negev selatan ini, menurut IAA, berisi ruangan berkubah di sekitar halaman tengah. Sisa-sisa lampu minyak ditemukan di ruang penyimpanan bawah tanah bersama dengan tangki.

"Perumahan mewah dan kubah bawah tanah yang unik dan mengesankan adalah bukti dari cara pemiliknya," kata spara arkeolog yang memimpin penggalian, dikutip dari kantor berita AFP.

"Status dan kekayaan mereka yang tinggi memungkinkan mereka membangun rumah mewah yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan hiburan," tambah para arkeolg bernama Oren Shmueli, Elena Kogan-Zehavi, dan Noe D Michael.

"Kami berasumsi siapa pun yang tinggal di sini adalah penguasa lokal," kata Michael kepada AFP, seraya menambahkan bahwa perkebunan seperti itu "sama sekali belum ditemukan di Negev sebelumnya."

Situs di kota Rahat itu dibuka untuk umum pada Kamis (25/8/2022). Perkebunan itu dekat masjid langka yang berasal dari periode sama, ditemukan oleh para arkeolog Israel pada bulan Juni.

Puluhan umat Muslim kemungkinan pernah beribadah di situs itu, kata IAA. Penaklukan Muslim atas wilayah tersebut terjadi pada paruh pertama abad ketujuh.

"Setelah kami menyelesaikan penggalian (rumah besar), rencananya tempat ini akan dilestarikan", di samping penemuan lain seperti masjid, tambah Michael.

Sumber: kompas.com