Karo, hetanews.com- Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) salurkan bantuan berupa  150 tenda dan 128 kompor gas untuk pengungsi Gunung Sinabung, Karo, Sumut. Selain tenda dan kompor gas, 3 unit ambulance  juga ikut didatangkan langung dari Jakarta.  

Ketua DPD POSPERA Sumut, Liston Hutajulu menyampaikan seluruh bantuan itu nantinya akan digunakan untuk kepentingan pengungsi. Tenda akan dipasang di posko-posko pengungsi yang menjadi prioritas.

"Kan ada posko yang masih pengungsinya sempit-sempitan. Jadi nanti kita pasang tenda," ujar Listion Hutajulu Kamis (2/7/2015).

Selain untuk tidur, mereka juga akan mendirikan tenda khusus untuk  sholat bagi pengungsi yang beragama muslim. Tenda khusus itu tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan lain. 

Untuk penyaluran kompor gas diakui Liston mereka masih melakukan pendataan. Kompor itu tentunya akan dibagikan bagi pengungsi yang paling membutuhkan. 

"Masijh kita data kemana nanti akan dibagi. Bisa saja dibagi ke pengungsi yang sudah di relokasi," jelas Liston. 

Pospera juga menyiapkan 3 unit ambulance yang distand by kan untuk melayani pengungsi yang sakit. Ambulance akan ditempatkan di pengungsian dan ada juga disiapkan di posko utama Pospera yang berada  di Jalan Mariam Ginting gang Aman Simpang 6 Kabanjahe. 

Pemasangan tenda dan pembagian kompor gas, nantinya berada dibawah kordinasi Ketua DPC POSPERA Karo, Freddy Riko Gurning.

Pria yang akrab dipanggil Riko itu mengaku pendirian tenda akan dikordinasikan dengan kordinator posko pengungsi. Untuk kompor gas, POSPERA akan berkordimasi dengan Satgas Penanganan Bencana Sinabung. 

"Kita tetap kordinasi dengan pihak-pihak terkait. Supaya penyalurannya tidak salah sasaran,' ungkap Riko.

Untuk tenda, mereka akan secepat mungkin memasang. Saat ini ada dua posko yang sangat mendesak dan membutuhkan tambahan tenda. 

"Besok akan kita pasang di posko Batu Karang dan posko Tanjung Mbelang," ucap Riko.

Dijelaskan Riko yang juga anggota DPRD Kabupaten Karo, seluruh bantuan tersebut merupakan usaha keras dari Sekjend Perhimpunan Nasional Aktifis 98 (PENA 98) Adian YY Napitupulu dan pengurus DPP POSPERA di Jakarta pimpin Ketua Umum Mustar Bona Ventura. 

Selain memberikan bantuan imbuhnya, sejak 2 minggu belakangan POSPERA juga mengerahkan puluhan relawan yang tinggal di 7 posko pengungsian. Diantaranya di posko Tanjung Mbelang dan posko Batu Karang. 

"Sementara ada 48 orang relawan yang tinggal di pengungsian. Berasal dari Medan dan Tanah Karo," jelasnya.