LONDON, HETANEWS.com - Seorang gadis muda berusia 8 tahun, berhasil menjalin kontak komunikasi dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) NASA menggunakan radio ham (Amatir) ayahnya. Isabella Payne, dari Kent, Inggris, melakukan percakapan 45 detik dengan komandan SpaceX Crew-4 Kjell Lingren.

Isabella Payne memperkenalkan dirinya dan usianya, kepada astronot NASA Kjell Lingren. Komandan SpaceX Crew-4 Kjell Lingren menjawab panggilan itu dengan mengatakan,”'Selamat datang di Stasiun Luar Angkasa Internasional”.

“Terima kasih, terbang dengan selamat,” jawab Isabella sebelum keduanya mengakhiri komunikasi dan ayahnya, Matt Payne, membagikan klip audio untuk didengar dunia. Gambar yang diambil dari Isabella setelah panggilannya menunjukkan gadis kecil itu berseri-seri kegirangan.

Lingren juga men-tweet interaksi tersebut, menulis: “Saya sangat senang menggunakan stasiun radio amatir #ARISS #NA1SS di @Space_Station untuk berbicara dengan operator radio amatir di seluruh dunia.”

ARISS adalah stasiun radio amatir Payne yang digunakan untuk berbicara dengan penggemar radio amatir lainnya di seluruh dunia.

“Saya bahkan (secara tidak resmi) mengerjakan stasiun di semua benua! Tapi sejauh ini mungkin ini kontak favorit saya. Terima kasih Isabella dan @m0lmk!” tulis Lingren dikutip SINDOnews dari laman dailymail, Kamis (25/8/2022).

Lingren telah bersama NASA sejak 2009 dan sedang dalam misi keduanya di luar angkasa. Yang pertama adalah pada Juli 2015 hingga Desember 2015, ketika itu dia mencatat waktu berjalan di luar angkasa selama 15 jam empat menit.

Sumber: sindonews.com