Siantar, hetanews.com- USI menjadi universitas yang mendapat akreditasi B prodi ilmu perencanaan wilayah dan kota pasca sarjana USI, setelah dilakukanya proses  visitasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT RI) yang dilakukan pada tanggal 10 April 2015, dengan nomor:507/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2015.

Proses dilakukan oleh assesor Prof Dr Tri Sutomo dari universitas Hasanuddin dan Dr Heru Purboyo dari uneiversitas Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan keluarnya nilai akreditasi B ini, pascasarjana telah dapat melakukan kerjasama yang lebih tinggi dengan lulusanya dapat diakui pada lembaga pemerintahan,  bagi yang akan melakukan penyetaraan ijizah setelahg lulus.

Pengakuan akreditasi B ini akn membuka peluang untuk mengejar karir pada perusahaan mutil nasional dan internasional. “Dengan diakuinya akreditasi B bagi USI, akan lebih mudah digunakan sebagai kompotensi  didalam dunia pekerjaan. Untuk itu ke depanya, pasca sarjana USI akan terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas yang lebih kompetitif di wilayah luas khususnya  Siantar-Simalungun,” terang Direktur pasca sarjana USI, Robert Tua Siregar PhD.

Dipercayakanya menerima prodi ilmu perencanaan wilayah dan kota pasca sarjana, menjadikan USI satu-satunya sebagai universitas perguruan tinggi swasta yang mendapatkan akreditasi B di Sumatera. “Untuk status baru yang diamatkan pada USI merupakan kebagangan bagi seluruh masyarakat. Ini menunjukkan bahwa pendidikan terus maju,” jelasnya saat berbincang dengan Robert Tua Siregar di gedung Pasca Sarjana USI.

Terpisah, Rektor USI, Prof Dr Marihot Manullang menyatakan bahwa peningkatan akreditasi setiap prodi di USI, merupakan program utama dalam rangka peningkatan kualitas secara lembaga. Untuk itu kedepanya USI akan terus berbenah diri dengan meningkatkan kualitas dosen sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkompetensi dalam meningkatkan mutu lulusan USI.

“Dengan adanya peningkatan peringkat akreditas B ini semoga pengelola program studi semakin menambah semangat dan tantangan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Pasca sarjana  USI juga berencana membuka dua prodi baru yaitu prodi ilmu hukum (S2) dan prodi ilmu sains ekonomi manajemen (S2). Dengan ini diharapkan pasca usi akan menampung kebutuhan masyarakat yang akan mengambil dua ilmu tersebut,” ungkapnya mantap.

Sebagai rasa syukur, lanjutnya, keberhasilan tesebut tidak lepas dari kerjasama semua pihak. “Tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap tenaga pendidik, para mahasiswa dan masyarakat yang mempercayakan diri untuk menimbah ilmu dalam melahirkan generasi tangguh. Dan, saya berterimakasi kepada semua yang membantu selama proses persiapan dan proses visitasi berlangsung,” jelasnya.