SIANTAR, HETANEWS.com - Sebanyak 7 pelaku UMKM menerima dana bergulir pada HUT Ke-75 Koperasi di Kota Pematang Siantar Tahun 2022.

Acara ini dibuka Wali Kota dr Susanti Dewayani di Lapangan Parkir Pariwisata, Rabu (24/8/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, event bertajuk Semarak UMKM ini akan berlangsung selama 6 hari dengan kegiatan pameran produk UMKM mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

Susanti Dewayani mengatakan pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sisi kehidupan. Banyak usaha yang gulung tikar dan banyak tenaga kerja di-PHK.

Tak luput, koperasi dan UMKM secara umum mengalami dampak yang luar biasa, sehingga membuat pendapatan turun drastis.

Namun saat ini, lanjutnya, patut disyukuri pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Masyarakat sudah diizinkan mengadakan kegiatan-kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kegiatan Semarak UMKM ini diisi berbagai kegiatan lomba dan penampilan seni, merupakan salah satu bentuk kehadiran Pemerintah Kota Pematangsiantar,” kata Susanti.

Ia juga berharap gerakan koperasi dapat membangkitkan ekonomi di Kota Pematang Siantar. “Kita akan terus mendorong koperasi dan pelaku usaha untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ungkapnya.

Ia mengatakan pemanfaatan gedung Dekranasda atau dikenal komplek lapangan parkir Pariwisata adalah sebuah gebrakan baru

"Di sini ditampilkan berbagai produk UMKM kearifan lokal yang semua adalah produk hasil karya masyarakat Kota Pematang Siantar,” ucapnya.

Baca juga: Ini Kata Pedagang Di Event HUT Koperasi ke-75 & Semarak UMKM