TAPUT, HETANEWS.com - Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan pasokan air minum di wilayah Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita akan segera diperbaiki.

Hal itu disampaikan Nikson usai rapat di kantor PDAM Mual Natio, Rabu (24/8/2022).

Nikson mengatakan akan dibangun SPAM air yang nantinya mendistribusikan air ke wilayah tersebut dengan diperkirakan 50 liter per detik.

Dan itu sedang lagi dalam proses tender oleh pihak BWS, direncanakan rampung dalam 6 bulan mengingat krisis air minum sudah puluhan tahun terjadi.

"Diperkirakan spam air ini akan tuntas di Tahun 2023,"ucapnya.

Lebih lanjut Nikson menambahkan, untuk menunggu realisasi itu, ia sudah memerintahkan PDAM Mual Natio untuk melakukan perbaikan pipa yang pecah dengan menggantikan pipa yang berkualitas.

Selain itu, ia juga telah memerintahkan PDAM Mual Natio dan Damkar untuk turun langsung melayani masyarakat untuk menyuplai air ke rumah tangga yang tidak ada air dengan dilakukan setiap harinya.

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat bersabar, sebab masalah air akan dituntaskan sebelum akhir periodenya habis.

"Saya juga memohon untuk mendukung saya untuk menuntaskan masalah ini yang sudah puluhan tahun kita rasakan krisis air minum. Semoga di tahun 2023 Spam air akan selesai sesuai dengan target agar tidak ada lagi krisis air minum," katanya.

Disamping itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kerusakan pipa pendistribusian air.