JAKARTA, HETANEWS.com-

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) diagendakan akan menyambangi Mabes Polri hari ini untuk melakukan kordinasi terkait perlindungan kepada anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Siang ini kami jadi diterima oleh Bapak Brigjen Andi Rian, Dirtipidum Bareskrim Polri di Mabes Polri jam 13.00 WIB," konfirmasi dari Seto Mulyadi, Selasa (23/8/2022).

Nantinya Seto sendiri akan turut hadir bersama tim dari LPAI yang sebelumnya juga telah bersurat ke pihak kepolisian.

"Iya (hadir), dengan temen-teman LPAI karena saya yang sudah membuat surat menyampaikan ini bahwa mohon perhatian dari institusi Kepolisian Republik Indonesia untuk memberikan (perhatian) terhadap salah satu warga nya lah dalam hal ini," ungkap Kak Seto.

Kendati demikian, kata Kak Seto pihaknya berharap agar dapat segera memberikan perlindungan ke anak-anak Ferdy Sambo dan Putri usai melakukan kordinasi hari ini agar tidak terlalu berlarut.

"kalau kemudian dimungkinkan misalnya kami mempunyai jalur langsung bisa bertemu dengan anak-anak tersebut, ya kami bisa saja melakukannya untuk sekadar mengetahui bagaiamana sih dan sebagainya," imbuh ketua LPAI.

Sebelumnya, pihak LPAI dikabarkan akan menyambangi Mabes Polri kemarin, Senin 22 Agustus 2022 namun batal. Lantaran dari mabes polri sedang sibuk dengan pengumuman hasil autopsi Brigadir J.

Pria yang akrab dipanggil kak Seto ini membicarakan langkah-langkah untuk memberikan pendampingan dan pengawasan kepada anak-anak Ferdy Sambo. Meskipun, mereka berasal dari institusi kepolisian.

"Itu sebagai bagian dari perlindungan anak maka kami siap untuk bisa memberikan perlindungan dan bisa menyerahkan institusi polri itu sendiri karena bagian dari keluarga besar polri yang wajib dilindungi oleh institusi itu sendiri," imbuhnya.

Menurut kak Seto, dalam beberapa kasus serupa, peran orang tua dialihkan ke Rukun Tetangga (RT) atau ke pihak Rukun Warga (RW).

"Gotong royong itulah penting warga untuk kesejahteraan anak penting sekali karena ibaratnya melindungi anak perlu orang sekampung bisa warga disekitar, organisasi, tempat orang kerja," jelas Ka Seto.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau dikenal sebagai Kak Seto mendesak Polri untuk melindungi anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Mereka juga harus dilindungi setelah kedua orang tuanya ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

"Kami mendesak keluarga besar Polri juga bisa melindungi anak-anak," kata Kak Seto saat dihubungi di Jakarta, Minggu 21 Agustus 2022.

Kak Seto menambahkan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) nanti akan berkoordinasi dengan Mabes Polri agar bisa memberikan perlindungan terhadap anak-anak pasangan itu. Seperti anak-anak lain, anak-anak dari keluarga Polri juga berhak dilindungi.

sumber: liputan6.com