Simalungun, HETANEWS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia launching Digi-pay di Pondok Pesantren Al Barokah Nagori Silinduk Kecamatan Dolok Batu Nanggar Simalungun, Jumat (19/9/2022).

Teuku Munandar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar mengatakan, launching Ponpes Digi pay Al Barokah merupakan rangkaian kegiatan Pekan Qris Nasional (PQN) di seluruh daerah.

"Pesantren harus bisa berkontribusi dengan optimal terhadap perekonomian bangsa. Berbagai potensi yang dimiliki harus dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Perkembangan teknologi harus diikuti, dengan menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam bertransaksi," sebut Munandar

Dikatakannya, penggunaan digital payment yang akan diluncurkan tersebut diharapkan dapat menjadikan santri di pesantren Al Barokah terbiasa bertransaksi digital. Setelah

terbiasa bertransaksi digital, selanjutnya diharapkan akan lahir inovasi dan

kreativitas mengenai ekonomi digital dari para santri, yang dapat bermanfaat

dalam menciptakan efisiensi bagi para santri dan pesantren.

"Segala pembayaran dilakukan non tunai lebih mudah, aman, cepat, unggul dan handal dan aman dari virus," jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi mengapresiasi launching digi-pay pesantren Al Barokah. Pemkab Simalungun juga akan mensosialisasikan pembayaran digital tersebut di seluruh pesantren yang ada di wilayah.

"Sistem digitalisasi, mempermudah pembayaran dengan menggunakan Qris (Quick response code Indonesian Standard)," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, KPw BI Siantar juga menyalurkan PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) kepada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Islamiyah Sukatani dan kepada Masjid Al Ikhlas Nagori Kahean.

BI juga memberikan bantuan sembako kepada Ponpes Al Barokah dan smart Id card yang bisa digunakan santri untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran.

Smart id card seperti uang elektronik, selain berisi data siswa/santri bisa digunakan untuk bertransaksi. Digi pay merupakan sistem pembayaran digital menggunakan Kartu atau pembayaran melalui sistem non tunai.