HETANEWS.com - Dalam peringatan HUT RI yang ke 77, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan Upacara Bendera di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Dalam upacara ini dihadiri juga oleh seluruh Satker dibawah lingkungan Kemenpar termasuk Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Dalam upacara bersama ini, Sandiaga Uno menjadi Inspektur Upacara HUT RI.

Seluruh jajaran BPODT dibawah pimpinan Jimmy Bernando Panjaitan mengikuti upacara secara daring yang dilaksanakan Toba Caldera Resort, Ajibata, Kabupaten Toba. Dalam upacara tersebut berlangsung khidmat.

Dalam kesempatannya Sandiaga Uno, Menparekraf mengenakan Baju Koje busana khas dari Suku Kaili, Palu, Sulawesi Tengah. Sementara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengenakan pakaian adat Rote, Nusa Tenggara Timur.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam peringatan HUT RI ke-77 Kemerdekaan RI dapat menjadi momentum untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia Maju.

“Dengan upaya bersama melalui sektor parekraf, Insyaallah tahun 2022 kami menargetkan capaian 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024” kata Sandiaga.

Setelah selesai mengikuti upacara tersebut, Jimmy Bernando Panjaitan Dirut BPODT Dirgahayu RI yang ke 77. Ia berharap apa yang disampaikan oleh Menparekraf tentang peringatan HUT RI ke 77 menjadi momentum kebangkitan bidang pariwisata terkhususny pariwisata di Danau Toba.

Dirut BPODT berharap danau toba semakin banyak wisatawan yang datang, sehingga dapat terciptanya lapangan kerja.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut dilanjutkan lagi mengikuti detik-detik proklamasi BPODT melanjutkan kegiatan puncak peringatan HUT RI ke 77. Kegiatan puncak tersebut adalah lomba panjat pinang dan penampilan dari sanggar Dalihan Na Tolu Desa Sigapiton dan Sanggar Tari Ronauli Desa Parsaoran Sibisa.

Lomba panjat pinang yang dilaksanakan di Toba Caldera Resort diikuti dari beberapa desa sekitar Toba Caldera Resort. Ada pun pemenangnya berasal dari Desa Parsaoran Sibisa.