SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Tidak ada orang yang berencana gagal, tapi banyak orang yang gagal berencana pribahasa inilah yang akan diterapkan oleh Direktur Umum PDAM Tirta Lihou Hetty Berliana Damanik, SP untuk mengembangkan PDAM Tirta Lihou kabupaten Simalungun.

Hetty Berliana Damanik yang baru saja dilantik Bupati Simalungun untuk mengembangkan PDAM Tirta Lihou mengucapkan terimakasih kepada Bupati Simalungun yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mengembangkan Perusahaan Daerah tersebut.

Hetty menilai kondisi PDAM Tirta Lihou saat ini dalam keadaan kurang sehat. Perusahaan itu kurang sehat ada beberapa faktor yaitu pengelolaan kurang berkualitas dan kompeten, pengelola korupsi dan bermasalah secara hukum, kualitas air yang diterima kurang baik serta kapasitas terpakai air sangat kurang.

Tidak hanya itu faktor perspektif pengelola seperti mesin produksi tua, instalasi pipa banyak rusak, sumber mata air terbatas serta anggaran terbatas.

Kata Hetty Berliana Damanik dari permasalahan di atas harus diperlakukan pemahaman masalah dan permasalahan itu tidak seharusnya berlarut-larut dan harus segera mungkin di selesaikan.
"Karena apapun masalahnya, pengakuan dan keadilan ada di manusia. Dimana manusia pelaku paling central dalam kehidupan, SDM merupakan pelaku paling central dalam usah termasuk PDAM Tirta Lihou," ujarnya Kamis, (18/8/2022).

Kualitas manejemen dan penilaian kinerja sangat penting kata Hetty. Menurutnya dalam mengukur management ada beberapa pendekatan yang harus dilakukan, seperti balanced scorecard (BSC) Making Indonesia 4.0 dan juga memperkenalkan dalam pengembangan.

"Dari pengalaman saya bekerja di perusahaan migas Eropa, saya ingin memperkenalkan Quality Management Matrix (QMM) dan Businiss Improvement Objektive (BIO) tahunan. Selanjutnya penyimpanan QMM dan BIO yang baik akan mengantarkan implementasi kegiatan yang bergerak maju di koridor yang sudah ada dengan tepat waktu dan kualitas," terangnya.

Jadi dengan program yang telah dirinya persiapan Hetty Berliana Damanik yakin kalau PDAM Tirta Lihou Simalungun akan kembali sehat dan berkualitas.

"Saya yakin kalau PDAM Tirta Lihou akan semakin membaik. Dan termasuk dari segi pelayanan juga akan kita tingkatkan. Dimana pelayan itu juga sangatlah penting dima kalau pelayanan baik hati konsumen pun akan semakin senang. Dengan sendirinya keuangan perusahaan juga akan baik karena tidak akan ada lagi keterlambatan pembayaran maupun permainan jorok," jelasnya.