SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia melakukan kegiatan Digi-campus di Universitas Simalungun dalam rangka sosialisasi Quick Response code Indonesia Standart (QRIS), Selasa (16/8/2022).

Digi-campus merupakan bagian dari rangkaian Pekan QRIS Nasional (PQN) yang dilakukan serentak di seluruh daerah, sejak tanggal 15 s.d. 20 Agustus 2022. Adapun maksud dari dilaksanakannya PQN adalah untuk semakin mendorong jumlah pengguna dan memasyarakatkan QRIS, sehingga semakin banyak masyarakat yang

bertransaksi menggunakan QRIS.

Demikian dikatakan Deputi Bank Indonesia Pematangsiantar Abdul Haris dihadapan ratusan mahasiswa USI yang mengikuti giat tersebut. Indonesia menargetkan sebanyak 15 juta merchant Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mulai menggunakan Quick Response Indonesia Standart (QRIS) pada 2022.

"Target BI tahun 2022 akan ada tambahan 15 juta pengguna QRIS baru di Indonesia. Semakin banyak transaksi QRIS, maka transaksi ekonomi masyarakat akan semakin CEMUMUAH, CEpat-MUdah-MUrah-Aman Handal," katanya.

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Terselenggaranya kegiatan DigiCampus 2022 diharapkan dapat menjadi katalisator bagi perguruan tinggi dalam membentuk ekosistem digital campus.

Sebelumnya, wakil rektor USI Elvina sangat mengapresiasi Bank Indonesia yang sudah banyak memberikan perhatian dalam rangka meningkatkan perekonomian melalui sektor pendidikan. Atas nama Universitas sangat berterima kasih atas bantuan bea siswa kepada mahasiswa USI yang berprestasi dan kurang mampu sehingga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Salah seorang mahasiswa dalam kesempatan itu mengatakan sosialisasi dan edukasi dari Bank Indonesia sangat menambah ilmu pengetahuan. Dengan pembayaran secara elektrik menjadikan transaksi lebih mudah, aman, cepat dan keren.

"Generasi millenial pakai QRIS donk," katanya.