JAKARTA, HETANEWS.com - Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Rumah Dinas Ferdy Sambo masih jadi topik hangat.

Sebelumnya, Polri menyatakan informasi soal motif pembunuhan Brigadir J itu bukan konsumsi publik.

Namun hingga kini motif serta tersangka mulai terkuak, ditambah beberapa pernyataan terbaru resmi dari pihak Polri terkait kasus Pembunuhan Brigadir J.

Diberitakan sebelumnya, tersangka yang sudah ditetapkan saat ini yaitu Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Brigadir RR dan K.

Kendatipun, pihak Polri serta lembaga-lembaga terakit masih terus melakukan penyelidikan serta penyidikan.

Baru-baru ini muncul informasi di media sosial YouTube yang mengklaim bahwa istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan tujuh ajudannya positif pakai narkoba.

Kasus pembunuan Brigadir J menjadi kasus serius karena menyangkut institusi pemerintah. Setelah Ferdy Sambo ditetapkan tersangka, kini pandangan publik tertuju kepada Putri Candrawathi.

Diketahui, istri Ferdy Sambo sempat muncul ke hadapan publik saat menjenguk Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Kasus pembunuhan Brigadir J menyeret sederet nama mulai dari Polisi hingga para ajudan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Atas penyelidikan dan penyidikan diduga ada kasus turunan yang didapat Polri yakni judi dan narkoba.

Sebelumnya, Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, setidaknya ada 5 motif yang mendorong Ferdy Sambo membunuh Brigadir J di rumah dinasnya yang berlokasi di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Melalui wawancara yang ditayangkan di salah satu program televisi nasional, Sugeng menjabarkan 4 motif Ferdy Sambo bunuh Brigadir J berkaitan dengan persoalan seksual, sementara 1 lainnya terkait perjudian.

Sugeng juga meyebutkan bahwa kasus pembunuhan Brigadir J berhubungan dengan praktik perlindungan perjudian dan peredaran narkoba oleh oknum di Kepolisian.

Namun, Sugeng enggan membeberkan detail persoalan seksual tersebut lantaran dianggapnya sebagai aib.

Lantas apakah benar bahwa istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan 7 ajudannya positif pakai narkoba?

Sebagai mana Informasi itu viral setelah kanal YouTube Daftar Harian mengunggah video berjudul "Istri Sambo & 7 Ajudan Positif Pakai Narkoba !! 100 Kilogram Jenis Sabu Langsung di Amankan" pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Tampak thumbnail dari video tersebut terlihat sejumlah Polisi sedang melakukan konferensi pers dengan menunjukan barang bukti diduga sabu dan bertuliskan narasi sebagai berikut:

"POSITIF PAKAI NARKOBA
ISTRI DAN 7 AJUDAN LANGSUNG DI BAWA KE POLDA METRO JAYA," tulis narasi thumbnail, sebagaimana dilihat, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Namun, Setelah SeputarTangsel.Com telusuri, informasi soal istri Ferdy Sambo dan 7 ajudan positif pakai narkoba dan dibawa ke Polda Metro Jaya adalah Hoaks.

Faktanya, dari video yang berdurasi 8 menit 5 detik itu tidak mengandung informasi yang seperti dituliskan dalam judul maupun thumbnail di kanal YouTube Daftar Harian.

Video itu pun hanya berisi cuplikan-cuplikan video kasus pembunuhan Brigadir J yang sudah dijadikan satu.

Ironinya, sampai berita ini ditayangkan video hoaks tersebut telah ditonton lebih dari 7.900 kali dan mendapat 101 like.

Kemudian, kanal YouTube Daftar Harian yang mengunggah video tersebut juga tidak diketahui secara jelas siapa pemiliknya sehingga tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Oleh karena itu, kanal YouTube tersebut bukan sumber berita yang layak dipercaya.

Sebagai informasi tambahan, menurut pemberitaan sebelumnya adapula yang mengatakan dugaan soal Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menjalin hubungan dengan almarhum Brigadir J

Kesimpulannya, informasi yang menyebut istri Ferdy Sambo dan 7 ajudan positif narkoba sehingga dibawa ke Polda Metro Jaya merupakan kategori konten menyesatkan atau hoaks.

sumber: pikiran-rakyat.com