HETANEWS.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjanahor mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Humbang Hasundutan Tahun 2022 (15/8) di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Tampil sebagai pemimpin pasukan, Ardika Lumbangaol.

Hadir pada pengukuhan ini Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, Forkopimda yaitu Wakapolres Humbahas, Kompol D. Pinem, Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kasi Pidum Hiras A Silaban, Dandim 0210/ TU diwakili Pabung Humbahas Mayor Inf. Ojak Simarmata, Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP, Pimpinan OPD dan orangtua peserta.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan ananda sekalian yang tidak boleh berhenti seiring dengan berakhirnya momentum Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia esok hari.

Jiwa Nasionalisme, Patriolisme, Kepeloporan serta Kepemimpinan yang terbentuk harus dijadikan sebagai bagian dari kepribadian dan senantiasa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai Putra-Putri Indonesia pilihan, kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat. Tumbuh kembangklah semangat membangun Bangsa, memajukan Negeri, membanggakan daerah kalian, melalui kontribusi-kontribusi positif dimasa depan.

Tanamkan dalam hati kalian prinsip rela berkorban demi Keutuhan Bangsa Dan Negera Republik Indonesia, harumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, Bangsa Dan Negara serta berusaha menjadi teladan yang baik bagi umat manusia dimanapun berada.

Jadikan semangat kebersamaan dan gotong-royong sebagai kunci dalam membangun negeri kita tercinta. Jadikan pula toleransi dan tolong menolong sebagai landasan untuk menjadikan persaudaraan serta mempererat persatuan dan kesatuan.

Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan saya menyampaikan selamat kepada ananda semua yang diberikan amanah dan kehormatan sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan, yang sesaat tadi pengukuhannya kita saksikan bersama.

Saya mengucapkan terimaksih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh orangtua anggota Paskibara yang tanpa lelah senantiasa mendoakan, mendorong dan memotivasi anak-anaknya, sehingga mampu bertahan dalam alur proses seleksi dan latihan yang sangat berat sehingga saat ini berdiri anak-anak yang telah dikukuhkan dan diberi tugas sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera pada Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, saya juga, menyampaikan penghargaan serta mengucapkan terimaksaih atas segala jerih payah serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Humbang Hasundutan ini, untuk menjadi Anggota Pasukan Pengibar Bendera pada Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Dormar Banjarnahor sekali lagi ucapan selamat kepada Paskibraka. “selamat kepada anak-anakku yang telah dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera dan selamat bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Dan Upacara Penurunan Bendera Pada Tanggal 17 Agustus 2022.

Semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan dan kesuksesan kepada ananda sekalian.” Tutupnya.

Sebelum pengukuhan oleh Bupati Humbang Hasundutan, Paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Putri Indonesia yang dipandu oleh Kadis Pariwisata, Pemudaan dan Olahraga Jakkon Halomoan Marbun.

Diakhir pengukuhan, Paskibraka menyanyikan ‘Padamu Negeri dan ‘Gugur Bunga’ yang diselingi puisi oleh Bintang Simamora dari SMA Negeri 1 Pollung dan Desma Simamora dari SMA Negeri 1 Sijamapolang.

Haru campur bangga terlihat dari para orang tua Pasukan. Bintang dan Desma mampu membawa suasana dan membangkitkan jiwa nasionalisme.