SIANTAR, HETANEWS.com - Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 Bank Indonesia bersama Presiden BSA Owner Motorcycles Siantar (BOMS) ajak wisatawan dan masyarakat naik Becak Siantar dengan cuma bayar 77 Rupiah saja.

Syaratnya harus bayar pakai QRIS (Quick Response code Indonesian Standard) atau barcode.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar saat melakukan sosialisasi dan edukasi Qris, di gedung pariwisata Jalan Merdeka Siantar, Senin (15/8/2022).

"Untuk mensosialisasikan mengenai kesiapan becak BSA menerima pembayaran dengan QRIS, maka hari ini BI dan BOMS mengadakan kegiatan naik becak cukup bayar Rp 77, tapi harus dengan QRIS," kata Munandar.

Event naik becak cukup bayar 77 ribu saja akan berlangsung selama 3 hari, tanggal 15, 18 dan 20. Berpusat di lapangan parkir pariwisata dengan rute keliling kawasan Siantar selama 1 jam.

Untuk mendukung event tersebut, Bank Indonesia memberikan bantuan kepada pengemudi Becak Wisata Siantar, ungkapnya lagi.

Dikatakan Munandar, kegiatan becak BSA wisata dengan pembayaran menggunakan QRIS juga merupakan bagian dari rangkaian Pekan QRIS Nasional (PQN) yang

dilakukan serentak di seluruh daerah, sejak tanggal 15 s.d. 20 Agustus 2022.

Adapun maksud dari dilaksanakannya PQN adalah untuk semakin memasyarakatkan QRIS, sehingga semakin banyak masyarakat yang bertransaksi menggunakan QRIS. Target BI tahun 2022 akan ada tambahan 15 juta pengguna QRIS baru di Indonesia.

"Semakin banyak transaksi QRIS, maka transaksi ekonomi masyarakat akan semakin CEMUMUAH, (CEpat-MUdah-MUrah-Aman-Handal).

Khusus di Kota Pematangsiantar dan Simalungun, PQN akan diadakan oleh Bank Indonesia Pematangsiantar dalam bentuk, Becak BSA wisata, Digicampus di USI tanggal 16 Agustus dan Siantar Digifest yang akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2022 serta Launching Digi-Pay di Ponpes Al Barokah Simalungun.

Berdasarkan data BI, transaksi QRIS di Kota Siantar semakin meningkat. Pada tahun 2021 mencapai Rp 6,9 miliar dan tahun 2022

dalam waktu 5 bulan (Januari s.d. Mei) sudah melampui transaksi setahun di 2021, yaitu Rp 9,7 miliar.

Sebelumnya, Presiden BOms Erizal Ginting secara singkat menjelaskan asal BSA (Birmingham Small Arms) Company melalui melalui 5 zaman diantaranya zaman penjajahan Belanda juga saat Soekarno diculik.

Lalu pada tahun 1958-1960, pemuda kreatif memperbaiki kendaraan tersebut dengan onderdil yang berserakan tak berguna menggandengnya dan menjadi becak. Menjadi makhluk baru yang hanya ada di Kota Siantar dan tidak ada di kota lain.

Berdasarkan UU no. 5 tahun 1992 segala sesuatu yang usianya lebih dari 50 tajun adalah cagar budaya, maka "Becak sama dengan Borobudur," kata Erizal.

Zulmamdy Zamzami selaku pimpinan/Kacab BTN Siantar mendukung sepenuhnya becak Siantar sebagai icon wisata Siantar dan pembayarannya menggunakan Qris. Upaya pemerintah dan stakeholder juga perbankan dalam rangka meningkatkan perekonomian Melalui sektor wisata.