Kematian Brigadir J sontak membuat publik penasaran dengan kehidupan pribadi Irjen Ferdy Sambo. Termasuk kisah asmara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi istrinya.

Kisah asmara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi tak urung membuat publik kepo. Terungkap kisah asmara Ferdy Sambo Ferdy Sambo. Putri Candrawathi istrinya itu adalah cinta pertama sang Jenderal.

Bagaimana Kisah asmara Ferdy Sambo?

Insiden berdarah berujung kematian Brigadir J bisa dikatakan penuh drama. Dari dugaan pelecehan seksual yang kini dinyatakan tak terbukti, hingga Ferdy Sambo menjadi tersangka.

Irjen Sambo menjadi tokoh kunci tewasnya Brigadir J di kediaman sang Jenderal di Duren Tiga, Jakarta. Kisah Asmara Ferdy Sambo Sejak SMP, Putri Candrawathi Cinta Pertamanya

Kisah cinta dua anak jenderal ini dibeberkan sahabat Ferdy Sambo, Agussalim Narwis saat ditemui Tribun di salah satu warkop di Jl AP Pettarani III, Makassar, Jumat (12/8/2022) sore.

Terungkap, hubungan asmara Irjen Pol Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi terjalin sejak keduanya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

SMP Negeri 6 Makassar yang berlokasi di Jl Ahmad Yani, Kota Makassar adalah tempat jalinan asmara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi bersemi. "Putri itu cinta pertamanya Ferdy. Mereka pacaran sejak SMP, di SMPN 6 Makassar," kata Agussalim.

Pisah karena Tak Bisa LDR, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi CLBK Lagi

Namun setamat SMP, Putri dan Ferdy Sambo berpisah. Putri yang merupakan anak jenderal TNI melanjutkan sekolah di Pulau Jawa mengikuti ayahnya yang pindah tugas, sementara Ferdy Sambo melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 1 (Smansa) Makassar, Jalan Bawakaraeng.

"Putri ini kan bapaknya tentara, jadi dia ikut bapaknya yang pindah tugas. Ferdy masuk SMA 1 Makassar," ujarnya.

Perpisahan itu membuat keduanya putus hubungan karena jarak dan waktu kan itu alat komunikasi kan masih sulit. Di Smansa Makassar, Ferdy Sambo berpacaran dengan teman seangkatannya.

Baca juga: Sosok 4 Pamen PMJ Ditahan Kasus Ferdy Sambo, Pernah Bersitegang dengan FPI & Tangkap John Kei

Namun, Agus menolak mengungkap identitas wanita tersebut. "Waktu SMA ada pacarnya. Mereka pacaran dari kelas satu sampai kelas tiga," ungkapnya.

Tamat SMA, Ferdy mendaftar Akabri dan lolos di Akademi Kepolisian. Karena menjalani pendidikan, Ferdy kembali berpisah dengan pacarnya. Setelah lulus menjadi perwira polisi, Ferdy ditugaskan di Pulau Jawa sehingga kembali bertemu dengan Putri Candrwathi.

"Cinta pertama bersemi kembali akhirnya mereka menikah," sambung Agus.

Dari pernikahannya itu, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dikaruniai tiga orang anak. Ia menyebut, Ferdy sebagai lelaki setia, Agus mengaku ragu saat mendengar kabar bahwa Ferdy selingkuh. "Kan kita ada Grup WA Taruna Angkatan 94, tidak ada itu cerita-cerita bahwa dia main perempuan," tegasnya.

  • Sama-Sama Anak Jenderal

Sosok orangtua Ferdy Sambo maupun Putri Candrawathi bukanlah orang sembarangan. Orangtua Ferdy dan Putri sama-sama anak Jenderal.

Putri merupakan putri dari seorang perwira TNI yang bertugas terakhir di ibu kota, DKI Jakarta. Beredar cuplikan video Putri Candrawathi dirias. Video istri Ferdy Sambo ini lalu viral di media sosial. Netizen pun membandingkan saat Putri tampil di Mako Brimob. (istimewa/kolase instagram/tiktok)

Ayahnya merupakan TNI bintang 1 dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal (Brigjend). Istri Ferdy Sambo diketahui sebelum menikah berprofesi sebagai dokter gigi.

Sedangkan ayah Ferdy Sambo adalah Mayjen Pieter Sambo. Sosok Mayjen Pieter Sambo pernah hampir menjadi Kapolri di era Presiden Soeharto.

Bahkan, ia dijuluki sosok Jenderal bintang dua yang jujur pada masanya. Mayjen Pieter Sambo merupakan pria kelahiran Toraja yang meninggal pada 2015 lalu.

Foto Putri Candrawathi saat foto dengan tiga ajudannya, Brigadir J, Bripka RR dan Brigadir R. Beredar foto yang menunjukkan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi tengah berpose dengan ketiga ajudan kepolisian, termasuk Brigadir J. (Grup WA via Tribunnews.com)

Jenazah Mayjen Pieter Sambo dimakamkan di Kelurahan Buntu Barana, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Jabatan terakhir mendiang Pieter Sambo adalah Kapolda Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 1986.

Mayjen Pieter Sambo pernah menjabat sebagai Kapolda Irian Jaya (kini dikenal Kapolda Papua). Sosok Mayjen Pieter Sambo juga merupakan tokoh Pramuka Nasional.

Pieter Sambo punya caranya sendiri untuk menaikkan nama Pramuka di wilayah tugasnya. Ia sering melosok ke daerah terpencil Papua untuk menghadiri kegiatan kepramukaan.

Bukan hanya polisi, pengurus Bhayangkari pun turut ikut meramaikan kegiatan kepramukaan. Pieter Sambo juga pernah menjabat sebagai Ketua Kwarda Papua dan sangat mengagumi sosok Jenderal Hoegeng Imam Santoso yang lahir pada tahun 1921-2004.

Diuji Kematian Brigadir J, Bagaimana Asmara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi?

Lantas, bagaimana kisah asmara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi selanjutnya?

Kisah cinta keduanya kini diuji kasus kematian Brigadir J di rumah Dinas sang Jenderal.

Masihkah cinta Putri Candrawathi dan Sambo bertaut?

Di sela kedatangannya ke Mako Brimob Polri, Putri Candrawati menyatakan kalau dirinya mencintai dan mempercayai sang suami yakni Irjen pol Ferdy Sambo.

"Saya putri bersama anak-anak saya mempercayai dan tulus mencintai suami saya," kata Putri Candrawati kepada awak media saat menyambangi Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Minggu (7/8/2022).

Atas kasus ini, Putri Candrawati memohon doa agar dirinya bersama keluarga bisa menjalani masa-masa yang dinilainya sulit ini.

"Saya mohon doa, biar kami sekeluarga dapat menjalani masa yang sulit ini, dan saya ikhlas memaafkan segala perbuatan yang kami dan keluarga alami," tuturnya.

Baca juga: 4 Kebohongan Ferdy Sambo Mengenai Kematian Brigadir J, Akhirnya Terungkap!

sumber: tribunnews.com