SIANTAR, HETANEWS.com - Pengadilan Negeri Pematangsiantar memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 (17 Agustus 1945-17 Agustus 2022) sekaligus peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-77.

"Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan", itulah Thema HUT MA RI ke-77 tahun 2022. Sedangkan Thema HUT Kemerdekaan RI "Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat,"

Peringatan HUT Kemerdekaan RI bersamaan dengan berdirinya Mahkamah Agung yakni pada tahun 1945.

"Jadi MA didirikan sehari setelah proklamasi kemerdekaan," kata Rahmat Hasibuan, humas PN Siantar ketika ditanya hetanews.com Jumat (12/8/2022) di kantornya.

Cara PN Siantar memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI dan HUT MA RI sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, PN Siantar mengadakan berbagai kegiatan lomba yang diikuti seluruh keluarga besar pengadilan termasuk hakim, pegawai, juru sita, panitera dan honorer.

Lomba yang dilaksanakan antara lain : lomba cerdas cermat yang bertujuan mengasah otak para pegawai terkait berbagai program dan pelayanan di pengadilan. Lomba senam yang bertujuan menyehatkan dan membangun semangat olahraga juga lomba bernyanyi Mars Mahkamah Agung. Juga pertandingan olahraga lainnya seperti tenis meja dan lainnya.

Perayaan 17 Agustus ditandai dengan upacara nasional,sedangkan peringatan HUT MA RI pada 19 Agustus 2022 akan dilakukan secara sederhana seperti pemotongan tumpeng dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba.

Harapannya dalan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -77 dan HUT MA RI dapat lebih memaksimalkan pelayanan hukum kepada masyarakat khususnya di Kota Pematangsiantar. "Bekerja secara profesional dengan mengedepankan rasa keadilan," kata Rahmat.

Diakuinya, sebagai hakim yang bertugas untuk mengambil suatu keputusan tentunya tidak terlepas dari kekurangan. Karena sebagai manusia tidak ada yang sempurna, Sebab kesempurnaan hanya milik Allah.

Meski demikian, dalam penegakan hukum pengadilan negeri Siantar berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.

Sesuai pantauan hetanews siang itu, pertandingan olahraga sudah mulai dilaksanakan di halaman Kantor PN Siantar jalan Sudirman. (Ay)