JAKARTA, HETANEWS.com - Koalisi Gerindra dan PKB akan menandatangani kesepakatan politik hitam di atas putih. Deklarasi kerjasama koalisi ini akan disampaikan pada Rapimnas Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Sabtu 13 Januari 2022.

Proses kerja sama politik dilakukan secara bertahap secara seksama supaya kedua belah pihak tidak ada yang merasa ditinggalkan.

"Maka kami sangat menghitung proses kerja sama politik ini, mulai dari komunikasi kedua ketua umum, dilanjutkan pertemuan antar-pengurus wilayah, kemudian kemarin kita baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU dan nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih," Wasekjen PKB Saiful Huda dalam keterangannya, Kamis (11/8).

Untuk itu, elite Gerindra dan PKB kembali mematangkan teknis pelaksanaan dan finalisasi piagam deklarasi kerja sama politik. Digelar pertemuan di kediaman Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di kawasan Jakarta Selatan.

Dari Gerindra, selain Ahmad Muzani hadir Wakil Ketua Umum Sugiono. Elite PKB yang hadir Sekjen Hasanuddin Wahid, Ketua DPP Cucun A Syamsurijal, dan Wakil Sekjen Syaiful Huda.

"Memang kami kembali bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan deklarasi dan finalisasi piagam deklarasi. Saat ini, kepastian waktu pelaksanaan dan venue deklarasi telah disepakati. Tinggal pematangan terkait teknis acara dari panitia bersama sehingga agenda tersebut bisa berjalan dengan lancar," papar Huda.

Deklarasi digelar setelah Gerindra menyelesaikan Rapimnas. PKB memberikan kesempatan Gerindra menyelesaikan forum internalnya.

"Jadi waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyelesaikan Rapimnas mereka. Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut," kata Huda.

Deklarasi Gerindra dan PKB akan dihadiri ribuan kader kedua partai politik. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan menyampaikan orasi politik terkait latar belakang kerja sama dan visi misi Indonesia di masa depan.

"Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi juga Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia," ujar Huda. [ray]

sumber: merdeka.com