JAKARTA, HETANEWS.com - Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul merespons pernyataan Mahfud MD yang menyebut DPR memilih diam dalam kasus penembakan Brigadir Yosua. Pacul mengatakan, DPR saat ini masih dalam masa reses sehingga tidak bisa mengadakan rapat komisi.

"Nomor satu, DPR sedang reses. Pak Mahfud ini mesti sadar bahwa hari ini DPR sedang reses. Kalau reses itu kita di luar sidang," kata Pacul, Kamis (11/8).

Karena itu, Pacul menuturkan, DPR khususnya Komisi III justru sadar posisi. Apalagi, kata dia, kasus ini sudah ditangani dengan baik oleh Polri, terutama tim khusus yang dibentuk Kapolri Jenderl Listyo Sigit.

Dia justru mempertanyakan sikap Mahfud yang sering berkomentar dalam kasus Brigadir Yosua. Menurutnya, hal itu bukan bagian dari tupoksi Menkopolhukam.

"Jadi kalau Menkopolhukam ngomong bahwa itu DPR, kok, tidak ribut, justru karena DPR sadar posisi. Kita malah justru bertanya apakah Menkopolhukam itu punya posisinya memang tukang komentar?" ucap Ketua Bappilu PDIP ini.

Situasi makin panas. Pacul mencontohkan Mahfud yang mengumumkan tersangka kasus penembakan Brigadir Yosua sebelum Polri menyampaikan ke publik,yaitu tersangka K. Ia menyebut seharusnya Mahfud bukan menjadi menteri komentator.

"Tersangka belum diumumkan dia sudah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menkopolhukam. Saya bertanya sebagai ketua Komisi III, apakah itu masuk di dalam tupoksi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan?" kata dia.

"Koordinator, lho, bukan komentator. Menteri koordinator, bukan menteri komentator.

  • Bambang Pacul

Sebelumnya, Mahfud mengatakan kasus penembakan Brigadir Yosua bukan kasus biasa karena ada psikopolitisnya. Kemudian ia mempertanyakan mengapa DPR diam.

Selama ini, misalnya, saya katakan psikopolitisnya. Semua heran kenapa, kok, DPR semua diam. Ini, kan, kasus besar, biasanya, kan, ada apa, paling ramai manggil, ini mana? Enggak ada, tuh. Itu bagian dari psikopolitis. Politis adanya mabes di dalam mabes itu yang punya aliansi sendiri-sendiri.

-Mahfud MD

Mahfud sendiri selain sebagai Menkopolhukam juga menjabat sebagai Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Kompolnas juga tergabung dalam tim khusus bentukan Kapolri yang bertugas mengusut kasus penembakan Brigadir Yosua.

sumber: kumparan.com