SIANTAR, HETANEWS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Siantar masih terus melakukan pendataan pasca bencana puting beliung Sabtu 6 Agustus 2022 di Kota Siantar.

Kepala BPBD Kota Siantar Robert Samosir mengatakan, pihaknya telah membuka dapur umum di kantor BPBD, Jalan Porsea Pematang Siantar.

Kepada warga yang terdampak bencana dipersilakan datang ke dapur umum untuk mengambil bantuan berupa makan siang dan malam. Dapur umum dibuka Selasa (9/8/2022) menyediakan 600 paket makanan.

“Dapur umum ini dibuka sejak Selasa (9/8) hingga Sabtu (13/8). Bila warga ingin makanannya diantar, bisa kami antar ke kantor lurah. Nanti warga tinggal mengambil ke kantor lurah,” kata Robert dalam keterangannya.

Kepala SatPol PP Siantar ini menambahkan, warga yang menjadi korban bencana telah dibesuk oleh Dinsos P3A Kota Pematang Siantar, dan memberikan bantuan pengobatan.

Pariaman Silaen selaku Kepala Dinsos P3A Kota Pematang Siantar menambahkan, sejauh ini pihaknya masih mengumpulkan data warga yang terdampak bencana. Nantinya data tersebut akan dikirim Kemensos RI, agar warga mendapatkan bantuan.

Kata dia, biasanya bantuan dari Kemensos berupa makanan siap saji, kasur, selimut, dan matras.

“Kami mengumpulkan data akurat by name by address terkait kejadian hari Sabtu lalu,” kata Pariaman.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan serta BPBD untuk sinkronisasi data.

“Data sementara yang sudah masuk pada kami itu ada sekitar 400-an warga terdampak bencana hujan deras dan angin puting beliung,” terangnya.

Disampaikan, sejauh ini pihak kecamatan dan kelurahan terus melakukan kegiatan penanganan bencana hujan deras dan angin puting beliung.

Baca juga: Susanti Tetap Monitoring Korban Bencana dari Padang