MEDAN, HETANEWS.com - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menghadiri Rakernas Apeksi ke-XV di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu 7 Agustus 2022.

Kegiatan dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifili Hasan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Apeksi Bima Arya, dan lainnya.

"Selamat atas Rakernas Apeksi ke XV, semoga lancar dan sukses. Salam dari kami Warga Medan," kata Bobby dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Bobby mengatakan, konsep kolaborasi terus diusung untuk membenahi Kota Medan. Bobby juga ingin kolaborasi dengan seluruh daerah lewat Apeksi ini.

"Kami ingin kolaborasi kepada semua daerah. Kami bawa tim anak-anak muda yang akan berkolaborasi dengan Kota Padang. Kita siapkan kegiatan khusus untuk anak-anak mudanya," ujar Bobby.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengucapkan terima kasih atas kehadiran ketua Komwil I Bobby Nasution. "Saya ingat saat ke Medan beberapa waktu lalu, ingat di Medan itu berkarakter, semua ketua," kata Hendri.

Hendri mengaku suatu kehormatan bagi Padang hampir 22 tahun Apeksi berdiri, baru kali pertama Padang jadi tuan rumah Rakernas.

"Inilah tahun berkah buat kami. Kami berharap kita bisa ikuti seluruh rangkaian Rakernas," ungkapnya.

Ketum Apeksi Bima Arya menyebut potensi perputaran ekonomi jika menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi cukup tinggi.

"Tuan rumah Rakernas Apeksi bisa untung sampai Rp 35 miliar lebih. Estimasi kehadiran lima ribu orang dari 95 wali kota yang hadiri saat ini," kata Bima.

Menteri Perdagangan Zulkifili Hasan menyebut perekonomian bangsa cukup baik. Dirinya mengaku, Indonesia alami surplus perdagangan tertinggi sepanjang Indonesia merdeka dengan pendapatan 24 miliar dolar.

"Itu sudah terpotong impor energi, kalau tidak jauh lebih banyak lagi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tertinggi sepanjang pandemi, yakni 5,54 persen," jelasnya.

Rakernas Apeksi ke-XV dimulai hari ini. Dilanjutkan sejumlah kegiatan seperti Indonesia City Expo yang akan memamerkan 120 stand produk UMKM seluruh Indonesia termasuk Kota Medan. Ada juga giat penanaman bibit pohon, giat city tour dan peresmian tugu Apeksi.

sumber: suara.com