Setelah menempuh lintasan trek menakjubkan sepanjang 333,86 Km yang terbagi dalam 9 Special Stage (SS) di Kawasan HTI TPL Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga akhirnya Ryan Nirwan dengan co Driver Adi Indiarto berhasil menaklukkan jalur dengan catatan waktu tercepat 1:56:07.2 dan berhasil menjadi juara 1 (Satu) di event Kejuaraan Nasional ( Kejurnas ) Danau Toba Rally 2022.

Pembalap yang berasal dari DKI yang mengendarai mobil Toyota GRI Yaris AP4 ini mengaku, lintasan jalur Rally HTI TPL Danau Toba ini merupakan salah satu trek yang terbaik di Indonesia, selain jalur lintasan yang asyik, antusias masyarakat yang sangat ramah berpadu dengan suguhan panorama Danau Toba yang luar biasa memberikan sensasi tersendiri bagi perally.

Saat Finish Seremoni di terminal Sosorsaba Parapat, Minggu sore (07/08/2022) sang juara yang mendapatkan Piala dan Hadiah uang sebesar 75 juta dari Toba Pulp Lestari ini membeberkan trik dan strateginya menjadi juara di Danau Toba Rally 2022.

"Kami Konsisten, tidak harus kencang dan pintar tapi harus atur srategis untuk menaklukkan lintasan karena terkenal dengan ganasnya trek, dari awal bersama tim kita lakukan persiapan dan sudah atur strategis," tutur Nirwan.

Selanjutnya di urutan ke 2 direbut perally Ahmad Rizki Prayoga dengan co Driver Donny Wardono, diurutan ke 3 ditempati Bintang Barlean dengan co Driver Anondo Eko, posisi ke 4 ditempati Franc Bernhard Tumanggor yang juga Bupati Pakpak Bharat dengan co Driver Yudi Herwanto, sedangkan di urutan ke 5 Benny Lautan dan Co Driver Edwin Nasution yang masing masing mendapat Piala.

Pantauan awak media dari 46 Perally yang ikut hanya 42 perally yang berhasil tiba dilokasi Finish dan langsung disambut oleh Ketua IMI Sumut Harun Nasution dan mengucapkan selamat datang bagi peserta rally dan terimakasih kepada sponsor, Pemerintah dan Masyarakat Simalungun yang telah sangat membantu hingga terselenggaranya Danau Toba Rally 2022 di HTI TPL.

Harun juga mengucapkan selamat kepada para juara yang berhasil menyelesaikan rally hingga Finish.

"Selamat kepada sang Juara pada event ini dan mendapatkan piala dengan hasil yang baik mudah-mudahan ke depan akan lebih baik tapi bagi yang belum mendapatkan hasil hari ini mudah-mudahan di seri yang akan datang bisa mendapat juara kedepannya," lanjut Harun.

Menurutnya, bulan depan tanggal 23 25 September 2022 APRC (Asia Pasific Rally Champion) kembali digelar di Danau Toba, ada beberapa negara yang sudah konfirmasi akan hadir seperti India dan Jepang.

Hal senada juga di sampaikan Wagubsu Ijeck saat menutup acara dan mengajak masyarakat mendukung kegiatan yang lebih bergengsi akan datang adalah Event Asia Pasifik yaitu Asia Pasifik Rally Championship ini setiap tahunnya bergilir dari negara-negara yang disetujui menjadi tuan rumah pelaksanaan Asia Pasifik.

Dia juga meminta Panitia agar kedepan ditambahkan Super Special Stage khusus untuk warga dan wisatawan yang ingin menonton sehingga bisa menjadi salah satu atraksi dan daya tarik wisata.

"Kami mengharapkan nanti di event Asia Pacific Rally Championship kedepan lebih banyak akses biar masyarakat masuk untuk bisa menonton di pinggiran lintasan yang di sebut super spesial stage, arealnya tidak begitu besar kilometernya juga singkat tapi bisa ditonton dari mulai start sampai finish mungkin nanti ini menjadi juga daya tarik yang cukup dijadikan tontonan biar orang tahu rally itu seperti apa," harap Wagubsu Ijeck yang juga peserta Rally yang masuk urutan 9 terbaik dan tercepat.

Mengakhiri acara Finish Seremoni perally ke 42 perally yang berhasil tiba di garis finish menerima piala dan satu persatu bersama tim dan tamu yang hadir sangat antusias untuk foto bersama dengan perally.

Danau Toba Rally 2022 merupakan salah satu event yang di gelar di Hutan Tanaman Industri (HTI) TPL Sektor Aek Nauli bertujuan untuk mempopulerkan Sport Tourism di Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas

TPL dengan dukungan penuh memberikan hadiah utama senilai Rp 75.000.000 kepada Juara Umum Danau Toba Rally 2022. Penyerahan hadiah diberikan oleh Venkateshwarlu Cheruku selaku Direktur Utama dan Anwar Lawden sebagai Direktur.

“Kejuaran Nasional Danau Toba Rally 2022 telah selesai kita laksanakan, kita bersyukur kejurnas ini berjalan dengan baik dan cuaca yang sangat mendukung. Bagi para pemenang saya ucapkan selamat atas keberhasilan menaklukkan rute di TPL Sektor Aek Nauli dengan semangat sportivitas saya ucapkan selamat kepada seluruh perally kejurnas yang telah bertanding di Danau Toba Rally 2022 ini," tutup Anwar.