SIANTAR, HETANEWS.com - Hujan disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah Kota Pematangsiantar, Sabtu (6/7/2022) sore. 

Pantauan di lokasi, hujan mulai turun sekitar pukul 15.10 WIB dan tiba tiba lebat disertai angin kencang berlangsung hingga pukul 15.50 WIB. 

Satu pohon besar di lokasi Lapangan Merdeka berseberangan dengan Jalan WR Supratman tumbang hingga menutup jalan dan kendaraan yang parkir di lokasi.

"Syukurlah tidak ada korban jiwa. Hanya kendaraan yang parkir di lokasi," ujar Rika pemilik warung di komplek Lapangan Merdeka.

Kondisi serupa  juga terjadi di Jalan Gunung Simanuk-manuk berdekatan dengan Taman Hewan Pematangsiantar. 

Sementara, komplek pemakaman di Jalan Ade Irma porak poranda, akibat sejumlah pohon tumbang hingga menimpa jalan. Kendaraan yang melintas di lokasi ikut tertimpa pohon. 

Warga di lokasi bahu membahu membersihkan dahan pohon yang tumbang menimpa jalan, dan memblokir arus kendaraan bermotor.

Di lain tempat, salah satu papan reklame komersial  di Jalan Diponegoro depan Hotel Sapadia tumbang hingga menimpa 1 mobil yang melintas.

Listrik di sejumlah wilayah padam akibat salah satu tiang listrik di Jalan Ade Irma Suryani tumbang. Hujan disertai angin kencang mengakibatkan atap rumah warga  di Jalan Sadum, Kelurahan Bane rusak. 

Plt Kepala BPBD Kota Pematang Siantar Robert Samosir meminta warga agar bersabar karena banyak pohon tumbang pasca kejadian.

Sejauh ini pihaknya turun ke lokasi dan masih melakukan pendataan terhadap dampak akibat peristiwa tersebut.