HETANEWS.com - Mempromosikan Sport Tourism di kawasan Danau Toba, Peserta Danau Toba Rally 2022 yang memulai menjajal jalur tak beraspal dengan 6 SS pada Sabtu pagi (06/08/2022).

Puluhan peserta bersama tim berdecak kagum dengan panorama alam sembari melahap jalur yang disuguhkan di berbagai Special Stage (SS) di Kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) TPL di Kecamatan Dolok Panribuan, Dolok Pardamean dan Girsang Sipanganbolon Kabupaten Simalungun.

Dalam balapan Danau Toba Rally 2022 di HTI, sang Wakil Gubernur Sumatera Utara turun sebagai peserta dengan mengendarai Subaru Impreza bersama co-driver Hervian Soejono.

"Karena Danau Toba merupakan prioritas pariwisata yang dicanangkan Bapak Jokowi. Saya ingin berpartisipasi mempromosikan dan mempopulerkan Danau Toba itu melalui sport tourism," kata Wagubsu yang akrab dipanggil Ijeck ini.

Sementara itu Ketua IMI Sumatera Utara Harun Nasution dan pereli nasional Rifat Sungkar mengaku kembali lagi di balik kemudi setelah lama absen dari ajang reli, ingin meninkmati jalur SS Rally terindah di kawasan Danau Toba.

"Saya mencoba kembali ikut balapan setelah kurang lebih 10 tahun absen. Coba-coba bangun mobil untuk ikut reli. Gak perlu menang, yang penting having fun, bisa menikmati keindahan panorama alam Danau Toba," kata Harun.

Senada dengan Harun, Rifat Sungkar juga mengaku sudah 12 tahun tidak mengikuti kejuaraan reli nasional.

"Saya ingat dulu pernah balapan dengan bang Ijeck, saya udah kurang lebih 12 tahun lalu terakhir ikut balapan," kata pereli yang mengendarai Mitsubishi Xpander AP4 itu.

Danau Toba Rally digelar pada hari ini Sabtu (6/8) dengan 6 SS dan Minggu (6/8) dengan 3 SS, dengan jarak total sepanjang 333,86 Km yang terbagi dalam 9 Special Stage (SS) di Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.

Tercatat 46 peserta dari berbagai daerah seperti DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan, ambil bagian mempopulerkan Sport Tourism Danau Toba.

Memulai start dari Huta Tonga Kec Dolok Panribuan, satu persatu mobil rally meliuk dalam tikungan manis dengan deru suara mesin racing yang di konsep dalam berbagai class dan model, jalan berbatu dan berpasir dilahap bagai melewati jalan tol.

Pimpinan perkebunan Toba Pulp Lestari (TPL) Julius Simbolon yang mensuport penuh lokasi Rally Danau Toba 2022 menyebutkan bahwa kegiatan Danau Toba Rally 2022 mampu menghadirkan multiplier efek dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan TPL, tempat diadakannya balapan.

"Selain mempopulerkan program Sport tourism Danau Toba, untuk peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara sebagai destinasi pariwisata super prioritas, kita berharap bisa berdampak positif dengan meningkatnya penghasilan masyarakat dan pelaku UMKM di sekitar event ," tutur Julius Simbolon.

Warga Sekitar Della Hasibuan dari Desa Negeri Dolok Dusun 4  Kec Dolok Panribuan, bersama Parkopi Parapat Martua Hutapea mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah, IMI dan TPL telah memberdayakan warga sekitar dan UMKM telah bisa menjajakan jualan hasil produknya saat event Danau Toba Rally 2022 ini.

"Kami berterimakasih kepada penyelenggara event Danau Toba Rally 2022, telah memberikan ruang untuk kami menjajakan hasil produk kami sebagai pelaku UMKM dan Warga sekitar, kami berharap melalui event ini menjadi salah satu ajang promosi hasil produk bagi kami," ujar Martua Hutapea didampingi Della Hasibuan.