HETANEWS.com - Penggawa Arsenal, William Saliba, memulai debut memukau di Liga Inggris (Premier League) 2022/23 kala bersua Crystal Palace, Sabtu (6/8) dini hari WIB. Pada laga perdananya tersebut, Saliba langsung menyandang titel Man of the Match sekaligus mengantarkan timnya meraih kemenangan dengan skor 0-2.

Diwartakan BBC, pelatih The Gunners, Mikel Arteta, pun memberi sanjungan kepada pemain mudanya itu. Menurutnya, Saliba telah bermain sangat baik bahkan mampu melebihi ekspektasinya.

“Wili [Saliba] sangat menakjubkan. Mulai dari chemistry dengan Gabriel [Jesus], lalu pemahamannya soal skema empat bek, apalagi ini adalah debut laga tandang pertamanya di Liga Inggris. Apresiasi khusus saya berikan kepadanya karena kegigihan serta peran besarnya [bagi Arsenal],“ kata Arteta, dikutip dari BBC.

Atas penampilan gemilangnya, Sofascore memberi rating 7,3 kepada Saliba. Tampil sepanjang laga, Saliba sukses mencatatkan total 6 clearances serta 1 hadangan krusial.

Dari segi akurasi umpan, Saliba juga sangat baik. Bek asal Prancis itu memperoleh 94 persen akurasi umpan pada laga melawan Crystal Palace dini hari tadi.

Sebagai bek tengah, Saliba tampil sangat taktis dan disiplin. Sehingga ia tak pernah melakukan pelanggaran pada laga tersebut.

Menurut Transfermarkt, sebenarnya Saliba adalah pemain lama Arsenal sejak 2019. Hanya saja ia lebih sering dipinjamkan ke beberapa klub seperti Saint-Etienne, OGC Nice, dan Marseille, sehingga bek asal Prancis itu belum pernah tampil sekali pun di Liga Inggris.

Baru pada musim ini pemain berusia 21 tahun itu dipercaya membela skuad utama Arsenal. Tentu, ini adalah kesempatan emas bagi Saliba unjuk gigi seusai kembali dari pinjaman Marseille pada 30 Juni lalu.

sumber: kumparan.com