SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menjadi tuan rumah kejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung 5-7 Agustus 2022 berlokasi di areal PT Toba Pulp Lestasi sektor Aek Nauli.

Kegiatan Danau Toba Rally 2022 diikuti oleh 46 pereli nasional dari berbagai provinsi di Indonesia.

Secara resmi kegiatan olahraga otomotif itu di buka oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah, sekaligus melepas para peserta dari terminal Sosor Sabah Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumut, Jum'at  (5/8/2022)

Bupati Simalungun diwakili Sekda Esron Sinaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun sangat mendukung dilaksanakan  Danau Toba Rally 2022.

"Kami sebagai tuan rumah telah mempersiapkan diri jauh jauh hari untuk menyongsong kegiatan ini dan juga kegiatan sport lainnya,"kata Sekda.

Sekda menyampaikan bahwa kejuaraan Rally di Wilayah Simalungun sudah yang kedua kalinya dilaksanakan.

Pada tahun yang lalu kegiatan seperti memberikan dampak positif bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, terutama pada sektor hotel dan penginapan yang ditempati para peserta dan kru serta pecinta Rally yang hadir di Kota Parapat.

"Kami berharap kegiatan Rally tahun ini dapat memberikan dampak yang lebih lagi dalam pemulihan ekonomi, sehingga sektor pariwisata ini dapat tumbuh kembali,"kata Esron

"Semoga kegiatan Danau Toba Rally 2022 membawa berkah bagi Kabupaten Simalungun secara khusus dan Sumatera Utara umunya,"lanjut Sekda.

Sekda juga menyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun siap menjadi tuan rumah untuk event nasional maupun internasional. 

"Bukan hanya Aek Nauli saja yang bisa menjadi lokasi olahraga balap mobil atau motor tapi masih adalagi sport di Simalungun. Semoga pelaksanaan kegiatan Danau Toba Rally 2022 di Simalungun berjalan dengan baik,"kata Sekda.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah dalam sambutanya saat membuka kegiatan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat mendukung kegiatan kegiatan olahraga yang ada di Sumatera Utara.

"Kaitkan olahraga ini tidak hanya semata-mata untuk kegiatannya saja kita menginginkan memang para penggiat olahraga, para atlet olahraga untuk bisa berkegiatan positif,"kata Wagubsu.

Wagubsu berharap kegiatan Danau Toba Rally 2022, menjadi ajang promosi pariwisata, terutama Danau Toba yang merupakan destinasi pariwisata super prioritas.

Kemudian Wagubsu menyampaikan terima kasih kepada seluruh sponsor terutama PT Toba Pulp Lestari yang menyediakan tempat dilaksanakan kegiatan Danau Toba Rally 2022.

"Kita berharap bahwa kegiatan ini memberikan efek yang positif, ekonomi masyarakat bergerak, dan kita promosikan daerah kita supaya orang datang ke Sumatera Utara dan hadir di Danau Toba,"kata Wagubsu.

Sebelumnya Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta Danau Toba Rally 2022 yang telah hadir dari berbagai provinsi di Indonesia dan telah hadir di Danau Toba untuk mengikuti kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022.

Harun juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sponsor yang telah mendukung terlaksananya Danau Toba Rally 2022.

Selanjutnya Harun berharap dengan hadir Danau Toba Rally ini memberikan manfaat kepada masyarakat Simalungun maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

"Mohon dukungan dari masyarakat agar pelaksanaan Danau Toba Rally berjalan sukses hingga akhirnya nanti,"ucapnya.