SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Pangulu se- Kabupaten Simalungun menolak penetapan Pjs di akhir masa jabatan. Pangulu mendesak Pemkab Simalungun segera melaksanakan Pilpanag.

"Bupati harus segera melaksanakan Pilpanag sesegera mungkin. Bila hal itu tidak dilakukan maka Pangulu Nagori mengancam akan menolak adanya Pjs dari kalangan ASN," ujar Pangulu Sidamanik Martua Simarmata saat unjuk rasa para Pangulu di kantor Bupati, Kamis (4/8/2022).

"Sedangkan untuk Pangulu yang habis masa jabatannya sebelum pelaksanaan Pilpanag maka Pjs Pangulu harus sesuai usulan Maujana sesuai Musnag," kata Simarmata.

Saat unjuk rasa, Kadis DPMPN Simalungun Jonni Saragih bersama Inspektorat Simalungun Roganda Sihombing menerima aspirasi pengunjukrasa

Jonni memastikan tidak ada penundaan Pilpanag oleh Pemkab Simalungun. Namun saat ini anggaran Pilpanag belum tersedia.

"Akan tetapi saat ini sedang mempersiapkan sejumlah mekanisme dan penyusunan sistem serta aturan mainnya. Kita harapkan untuk bersabar, apalagi saat ini untuk anggaran pelaksanaan Pilpanag anggarannya pun tidak ada," kata Jonni.

Kepada pengunjuk rasa, Roganda Sihombing berjanji akan menindak pihak pihak lain yang berupaya melakukan kecurangan saat Pilpanag digelar.