SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Bulan Agustus tahun 2022 akan menjadi bulan kemerdekaan bagi Negara Indonesia sekaligus menjadi bulan kemerdekaan bagi Ikatan Motor Rally Indonesia (IMI) dan TPL.

Hal ini di sambut sangat baik oleh para perally nasional yang ikut dalam kejuaraan ini, berjumlah kurang lebih 60 peserta dari berbagai daerah seperti DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Kejuaraan yang akan di selenggarakan pada 05 - 07 Agustus 2022 memiliki total jarak tempuh sepanjang 333,86 km.

Danau Toba Rally merupakan salah satu ajang balap rally yang paling di nantikan oleh para pengemar rally nasional. Lintasan rally di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pernah menjadi lokasi untuk event internasional, yakni menjadi bagian lintasan Special Stage (SS) pada World Rally Championship 1996 dan 1997 dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007, 2019 serta terakhir pada Kejurnas Rally 2021.

Beberapa peserta yang meramaikan Danau Toba Rally 2022 yaitu antara lain, Rifat Sungkar (Mitsubishi Xpander Rally Team), Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia) dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck). Direncanakan pada hari Kamis, 04 Agustus 2022, Ijeck akan melaksanakan survey lokasi dan akan melakukan uji ketangkasan di SS Aek Nauli.

Tim panita penyelenggara, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara sangat siap untuk menyambut ajang kejuaraan ini, segala persiapan serta dukungan dari TPL sudah berjalan 90 %.

"Seluruh jalur SS (special stage) sampai hari ini sudah 90 % selesai dan siap digunakan untuk Rally Sabtu dan Minggu nantinya," ujar Harun Mustafa, Ketua IMI Sumatera Utara.

TPL sebagai salah satu sponsor pendukung menyambut dengan baik dan mendukung penuh terlaksananya event nasional Danau Toba Rally 2022. HTI TPL yang menjadi lintasan dengan potensi rute rally yang baik merupakan kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia.

Direktur TPL, Anwar Lawden, sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba.

“Kejuaraan Danau Toba Rally 2022 ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga nasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” tutur Anwar.

Harapnya kegiatan rally di Danau Toba ini juga diharapkan mampu menghadirkan multiplier efek dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Dengan program sport tourisme diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang merupakan destinasi wisata prioritas nasional.