SERGAI, HETANEWS.com - Untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai kembali melakukan vaksinasi terhadap ternak sapi di Kecamatan Bandar Khalipah yang di distribusikan sebanyak 100 dosis vaksin, Selasa (2/8/2022) sekira pukul 09.00WIB.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai yang diwakili Ibu Lediana Marpaung mengatakan, Vaksin PMK saat ini ada sebanyak 100 dosis vaksin, itu akan disebar di dua Desa yaitu Desa Bandar Tengah dan Desa Juhar Kecamatan Bandar Khalifah, dimana dari dua desa ini adalah merupakan zona hijau atau belum ada penyebaran kasus PMK pada hewan ternak

Ia mengatakan, Vaksinasi ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit yang menyerang hewan ternak agar tidak semakin meluas.

"Dimana saat ini untuk di wilayah Kecamatan Bandar Khalifah ada satu Desa yaitu di Desa Kayu Besar ditemukan kasus PMK sebanyak 8 ekor,"ucapnya.

Disela sela kegiatan vaksin,Kasat Binmas Polres Tebing Tinggi Iptu B.Tarigan juga menghimbau agar masyarakat yang memiliki ternak lembu yang belum ditemukan kasus PMK untuk dapat di vaksin.

"PMK itu merupakan salah satu virus yang belum ada obatnya saat ini. Jadi upaya yang paling efektif dilakukan saat ini adalah pemberian vaksin untuk menciptakan anti bodi pada hewan ternak,” ujar Kasat Binmas Iptu B. Tarigan.

Pantauan dilokasi, untuk mendistribusikan vaksin PMK, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai menerjunkan sebanyak 13 orang untuk melakukan vaksin PMK kepada hewan ternak warga yang belum terpapar PMK sebanyak 100 ekor.