SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Kawasan perbukitan di Kecamatan Haranggaol Horisan terbakar sejak Minggu 31 Juli 2022 sore sekitar pukul 17.00 WIB. Api belum berhasil dipadamkan hingga hari ini, Senin (1/8/2022).

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematang Siantar Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Sukendra Purba, mengatakan wilayah perbukitan tersebut sebagian masuk kawasan hutan.

Sejauh ini, kata Sukendra, pihaknya dan Tim Manggala Agni sedang memantau di sekitar lokasi. Namun dia belum merinci berapa luas perbukitan yang terbakar. Adapun bukit tersebut ditumbuhi ilalang yang mudah terbakar.

"Api masih merambat. Kalau penyebabnya kemungkinan karena cuaca yang panas. Kalau sengaja dibakar itu tidak mungkin," kata Sukendra.

Informasi dihimpun dari Polsek Purba, kebakaran terjadi di perbukitan Sijambur, Bandar Saribu, Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol Horisan.

Adapun api diduga berasal dari pembakaran di sebuah ladang milik warga di Dusun Sihorbo, Desa Purba Sipinggan, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

"Informasi awal, api dari ladang warga. Pembersihan lahannya (warga) baru merembes ke perbukitan," ujar Kepala BPBD Simalungun Ramadhan Damanik saat dihubungi via telepon.

Ramadhan mengatakan, saat ini personil BPBD masih berjaga di lokasi untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke pemukiman warga.

Selain minimnya peralatan, titik api sulit dipadamkan karena lokasi yang berbukit dan terjal serta ditumbuhi semak belukar.

"Tidak cukup personil dan peralatan. Memang lokasinya agak jauh. Kalau pemadam kebakaran tidak ahli nggak bisa kesitu," ucapnya.

Ramadhan mengakui hingga saat ini api belum padam. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut untuk memadamkan titik api.