SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Lomba menembak 2nd Indonesia Internasional Long Range Shooting Grand Prix 2022 yang diinisiasi oleh Perbakin di Desa Sipolha, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun ditutup pada, Minggu Sore (31/07/2022).

Seremonial penutupan dilaksanakan di Puncak Indah Sipolha setelah 100 peserta berumur 17-50 tahun yang berasal dari TNI/Polri dan Sipil mengikuti lomba dengan melewati berbagai rangkaian seleksi dan jenis stage di Semi Auto dan Grandprix Class.

Perlombaan yang sebelumnya dibuka oleh Pangdam I BB Mayjen TNI A. Daniel Cardin di dampingi MD Perbakin Benny Martopo pada tanggal 30 Juli 2022 kemarin.

Acara yang telah berlangsung selama 5 hari yang di isi dengan berbagai kegiatan lomba dan bakti sosial oleh Perbakin.

Penutupan kali ini langsung di rangkai setelah lomba, dengan pengumuman hasil dan pemberian piala bagi para pemenang oleh Panitia Pelaksana Benny Martopo.

Menurut Benny, Lomba ini sengaja di laksanakan dikawasan Danau Toba sebagai salah satu cara Perbakin ikut berkontribusi mempromosikan Pariwisata Danau Toba sebagai kategori Sport Tourism.

"Kegiatan lomba ini termasuk sport tourism untuk membantu pemerintah mempromosikan Danau Toba sekaligus berkontribusi meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar lokasi seperti homestay dan warung masyarakat," ujar Benny.

Saat menutup acara Benny juga mengucapkan terimakasih Banyak kepada Pangdam I BB, Kapoldasu, Bpodt dan warga Sipolha yang telah ikut terlibat membantu kegiatan lomba dari awal hingga selesai dengan sukses.

"Terimakasih kepada seluruh tim yang terlibat hingga terlaksananya lomba ini dan selamat kepada para pemenang telah menunjukkan prestasi terbaik dan berhasil meraih juara serta kepada peserta yang belum berhasil, hendaknya jangan berputus asa namun teruslah berlatih agar mencapai hasil maksimal," ujar Benny.

Berikut pemenang Lomba menembak Perbakin Indonesia International Long Range Shooting Grandprix 2022 Danau Toba yang berhasil membidik sasaran tembak dengan jarak 700-1200 meter ke arah Pulau Hole yang kepada masing masing pemenang diberikan piagam, piala dan uang pembinaan.

1. Semi Auto Class : Budi Prasetyo, Meyda Budi Setiawan, Agus Sulistyawan.
2. Benchrest Class : Sundoko, Yusuf Yazid, Chaidier P
3. Team Class : Edwin Setiawan & Arief Syaifudin, Dedy H Sembiring & Agus Dwi Saputro, Budi Prasetyo & Prabowo Adi Susanto
4. Individual Grandprix series 1 : Edwin Setiawan, Agus Dwi Saputro, Arief Syaifudin.

Sedangkan salah seorang warga Sipolha Boru Damanik saat diwawancara wartawan setelah selesai penutupuan acara, berterimakasih banyak kepada BPODT, Perbakin, Poldasu dan Pangdam I BB telah merekomendasikan dan memilih Desa Sipolha sebagai lokasi lomba Perbakin tahun 2022.

"Saya tak bisa sebut namanya satu persatu, pokoknya kepada bapak bapak panitia Perbakin, TNI/Polri dan BPODT telah memilih lokasi Desa kami Sipolha sehingga selama 5 hari ini saya merasakan peningkatan omset penjualan warung, Terimakasih banyak, kami tunggu acara selanjutnya," ujar Boru Damanik.

Ditempat terpisah, ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan kepada Perbakin dan pihak panitia telah memilih Danau Toba menjadi lokasi perlombaan.

"Kami berterimakasih banyak kepada Perbakin telah menjadikan Danau Toba sebagai lokasi lomba menembak ini karena secara tidak langsung telah mempromosikan Pariwisata Danau Toba dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar di lokasi lomba" kata Jimmy.