SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Mendongkrak Perekonomian Pelaku Usaha di Provinsi Sumatera Utara, Pemprovsu membuka secara resmi Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke 8 di Open Stage Parapat, Rabu (27/07/2022).

Pekan Inovasi dan Investasi (PIISU) ke 8 berlangsung selama 3 hari (27-29/07/2022) ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Assisten II Ekbang Provsu Arief Tri Nugroho.

Dia mengatakan PIISU 2022 di ikuti 70 peserta dari perusahaan serta mitra binaan dan UMKM dari berbagai Pemerintah Kab/Kota sesumut.

"PIISU 2022 bertujuan untuk meningkatkan Kemitraan investasi dan UMKM dalam mendukung pemulihan roda perekonomian masyarakat." tutur Arief.

Dia juga mengatakan akibat pandemi covid19, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara mengalami penurunan hingga minus 5.12% sehingga melalui PIISU ke 8 ini bisa menjadi salah satu pendorong meningkatnya pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui kemitraan investor dan pelaku umkm.

Acara PIISU 2022 yang digelar di Parapat ini disambut baik oleh Pemkab Simalungun melalui Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi, dia berharap dengan Event ini bisa menimbulkan kembali kepercayaan wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke Danau Toba.

Namun Sebelum pembukaan, penampilan sanggar pondok kreatif Parapat hadir menghibur pengunjung dengan atraksi lantunan musik kolaborasi dari 5 puak Batak.

Setelah seremonial pembukaan, tamu undangan, Forkopimda Provinsi Sumut bersama Forkopimda Kabupaten menggelar sesi foto bersama yang selanjutnya mengunjungi 70 stand dan pameran UMKM yang ada di Openstage Parapat.

Turut hadir Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief, Daniel 0207 Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka S.I.P, Wakapolres Simalungun Kompol Elfianto, Kajari Simalungun Bobby Sandri SH.MH dan para petinggi BUMN di Sumatera Utara.