SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang, melepas kontingen Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun sebagai peserta mengikuti Jambore Daerah (Jamda) Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2022 yang akan berlangsung 15 hingga 20 Juli 2022 di Sibolangit

Pelepasan peserta Jamda Gerakan Pramuka tersebut dilaksanakan di halaman Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun Jalan Asahan Kecamatan Simalungun Kabupaten Simalungun, Sumut, yang ditandai dengan penyerahan bendera kontingen kepada Peltu TNI (Purn) Hadi Sriwijaya selaku ketua kontingan Jamda Sumut Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun, Kamis (14/7/2022).

Bupati Simalungun, Radiapoh Simalungun, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang mengatakan, Jamda Gerakan Pramuka Sumut tahun 2022 dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini, merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang begitu pesat dan berpengaruh dalam kehidupan umat manusia, terutama dalam perkembangan mental dan fisik generasi muda yang penuh dinamika.

"Untuk itu, kepada kakak-kakak dan adik - adik yang berangkat ke Jamda Sumut diharapkan untuk tetap meningkatkan solidaritas yang tinggi dan kekompakkan dalam segala hal. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan pengalaman yang berguna saat dewasa nanti," katanya.

"Jalinlah komunikasi yang baik dengan teman - temanmu dari kabupaten/kota lain sehingga dapat memahami ragam budaya antar daerah yang kelak akan menjadi simpul persahabatan dan perdamaian sesama di sumatera utara, katanya menjelaskan.

Sebagai Duta Kabupaten Simalungun, ia meminta untuk senantiasa menjaga perilaku dengan baik, raih prestasi agar dapat mengharumkan nama daerah, patuhilah petunjuk pimpinan kontingen dan pembina pendamping selama mengikuti kegiatan Jamda. "Ikutilahkegiatan yang telah diagendakan oleh panitia setempat, dan konsultasikan kepada para pembina yang mendampingi adik-adik bila mengalami kesulitan," ujarnya.

Diakhir sambutan itu, dirinya berpesan kepada peserta Jamda jangan lupa beribadah untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar selalu diberikan perlindungan dan kelancaran serta keringanan dalam melaksanakan semua kegiatan selama Jambore berlangsung.

”Pegang teguh kode kehormatan gerakan pramuka yaitu Trisatya dan Dasa Darma Pramuka. Jaga nama baik pramuka dan daerah Kabupaten Simalungun tentunya. Semoga kontingen Simalungun dapat sukses mengikuti jambore daerah, untuk dapat memupuk karakter anak bangsa yang memiliki kepribadian, kedisiplinan dan tanggung jawab tinggi,” katanya.