HETANEWS.com - James Webb Space Telescope (JWST) atau kerap disebut sebagai teleskop luar angkasa James Webb berhasil menghasilkan gambar berwarna. Untuk pertama kali, NASA mempublikasikan gambar berwarna pertama yang diambil teleskop luar angaksa penerus Hubble.

Pengoperasian teleskop luar angkasa James Webb sendiri telah diresmikan oleh NASA bersama Presiden AS, Joe Biden. Menurut NASA, itu adalah gambar alam semesta terdalam dan paling detail yang pernah ditangkap oleh kamera.

Dinamakan Webb's First Deep Field, foto spektakuler ini menunjukkan bahwa alam semesta hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang, tepat ketika galaksi mulai terbentuk dan cahaya mulai berkelap-kelip dari bintang-bintang pertama.

"Cahaya bintang ini membutuhkan waktu sekitar 13,5 miliar tahun untuk melakukan perjalanan ke kita, tiba di JWST setelah tarikan gravitasi," kata Bill Nelson, administrator NASA, dikutip dari Live Science, Selasa (12/7/2022).

Nelson menambahkan bahwa teleskop memiliki akurasi yang tinggi untuk melihat suatu planet layak huni dan memberikan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang alam semesta.

Gambar berwarna pertama teleskop luar angkasa James Webb. (NASA)

Pemegang rekor sebelumnya untuk menangkap gambar terdalam dan tertua ke luar angkasa adalah Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Tetapi untuk mengintip lebih jauh ke masa lalu alam semesta, para ilmuwan perlu merancang teleskop yang cukup besar untuk menangkap cahaya dari objek paling redup.

Kemudian teleskop mampu mendeteksi frekuensi inframerah yang telah digeser oleh cahaya terjauh karena ekspansi alam semesta. Oleh karena itu, para ahli menciptakan JWST.

Teleskop ini memiliki diameter cermin utama selebar 6,6 meter, dibandingkan dengan cermin Hubble yang hanya berdiameter 2,4 meter. Dengan kata lain, JWST mampu mendeteksi objek 100 kali lebih redup daripada yang bisa dilihat Hubble.

Teleskop ini juga dapat memindai alam semesta dalam inframerah, memungkinkannya untuk melihat galaksi yang lahir hanya 200 juta tahun setelah Big Bang.

Setelah membagikan gambar pertama yang dipotret JWST, NASA merilis empat gambar lagi yang menawarkan pemandangan pembibitan bintang, atmosfer planet ekstrasurya yang jauh, ledakan gas berbentuk angka delapan dari bintang yang sekarat, dan galaksi yang tampak terkunci.

Itulah publikasi gambar bewarna pertama dari teleskop luar angkasa James Webb oleh NASA.

Sumber: hitekno.com