HETANEWS.com - Forkopimda Siantar- Simalungun tengah mempersiapkan kedatangan romgbongan Women 20 atau W20. Perkumpulan perempuan skala internasional ini akan mengunjungi Danau Toba.

W20 summit akan berlangsung di Hotel Niagara Parapat Kabupaten Simalungun pada tanggal 19-21 Juli 2022. Menjelang kedatangan rombongan, Forkopimda Siantar- Simalungun mengecek jalur lintas hingga melakukan simulasi pengamanan.

Baca juga: Polres Simalungun Gelar Pasukan Pengaman Kedatangan W 20

W20 terbentuk sejak 2014 dan pertemuan pertama dilakukan tahun 2015 di Turki. Pembentukan ini didasari oleh pemikiran pentingnya partisipasi perempuan dalam pembangunan ekonomi global.

W20 tahun 2019 mengangkat tema “Closing the Gender Gap for New Prosperity”, kemudian pada tahun 2020 W20 membahas beberapa prioritas di antaranya: A global policy framework on gender equality, Policy Coordination, dan Women’s participation in decision-making in all sectors.

Pertemuan W20 Summit dilaksanakan pada tanggal 20-22 Oktober 2020 di Riyadh.

Baca juga: Pemko bersama Forkopimda Bersiap Sambut W-20 Summit di Kawasan Danau Toba

Tahun ini, W20 Summit merupakan momen yang ditunggu-tunggu di mana Kawasan Danau Toba menjadi sorotan dari penjuru nasional maupun internasional.

Kegiatan W20 Summit mendatangkan delegasi dari negara-negara anggota G20. Dalam hal ini fokus membicarakan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dengan tujuan membentuk rekomendasi kepada pemimpin G20.

Perhelatan W20 Summit di Danau Toba akan membahas berbagai isu prioritas W20, terutama mengenai kesetaraan dan diskriminasi, ekonomi inklusif, hingga UMKM milik perempuan.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Kegiatan W20, The Kaldera Toba Nomadic Escape Tutup Sementara

Selain itu, juga akan ada pembahasan mengenai isu terkait peningkatan akses perempuan penyandang disabilitas dan perempuan pedesaan ke pendidikan, teknologi, keuangan, dan kesetaraan kesehatan.

Seluruhnya akan dikemas ke dalam rangkaian dialog dan konferensi kebijakan.

Agenda ini akan ditutup dengan serah terima Communique W20 kepada Presiden RI sebagai pemimpin G20.

Selanjutnya pengumuman pemenang dari program Inkubasi 1.000 UMKM Perempuan binaan dengan hadiah modal usaha senilai total Rp 300 juta sebagai aksi konkrit dari W20 Indonesia.

Baca juga: Parapat Lokasi Acara Puncak W20, Anne Hathaway dan Melinda Gates Bakal Hadir