SIANTAR, HETANEWS.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar bersama Forkopimda bersiap menyambut event internasional, Women Twenty (W-20) Summit yang akan digelar di kawasan Danau Toba, 18-21 Juli 2022. Kota Pematangsiantar turut bersiap karena dijadwalkan rombongan delegasi dan peserta W-20 Summit akan melintas di kota ini menuju kawasan Danau Toba.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP memimpin rapat koordinasi persiapan jalur melintasnya pejabat negara dan peserta W-20 di Kota Pematangsiantar. Rapat dilaksanakan di Ruang Data Pemko Pematangsiantar, Jalan Merdeka No 6, Senin (11/7/2022) pukul 08.30-11.00 WIB.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Budi Utari Siregar mengatakan, Kota Pematangsiantar adalah pintu gerbang jalur melintasnya pejabat negara dan peserta W-20 menuju kawasan Danau Toba.

“Karena itu, kita melaksanakan rapat koordinasi persiapan jalur melintasnya pejabat negara dan peserta W-20,” sebutnya.

Dalam rapat tersebut, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan diminta stand by serta patroli di kecamatan ditingkatkan.

“Jangan menganggap remeh kegiatan ini, di mana Kota Pematangsiantar merupakan jalur lintas para rombongan Women Twenty. Apa yang kita putuskan hari ini, agar kita laksanakan sebaik- baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, demi terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” katanya.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando SH SIK menyampaikan kegiatan rapat tersebut untuk merapatkan dan memberikan gambaran kepada pimpinan terkait kesiapan Polres Pematangsiantar dalam pengamanan jalur lintas penyelenggaraan W-20 Tahun 2022, sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan strategis, khususnya menyangkut kesiapan personel, guna menjamin rasa aman dan nyaman.

Di antaranya potensi kerawanan seperti provokasi. Di mana tidak tertutup kemungkinan adanya aksi provokasi di lapisan/individu masyarakat yang tidak terima atas penyelenggaraan W-20.

“Juga kemungkinan terjadinya tindak pengrusakan/pelemparan terhadap rombongan yang melintas di Kota Pematangsiantar. Termasuk terjadinya aksi unjuk rasa dengan cara memblokir jalan yang di lintasi rombongan, terjadinya kemacetan arus lalulintas di rute yang dilalui rombongan W-20,” terangnya.

Oleh sebab itu, AKBP Fernando meminta agar Plt Wali Kota Susanti Dewayani melalui Sekda Budi Utari bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk segera memperbaiki jalan yang berlubang dan traffic lights.

“Akan kita siapkan dua pos, yaitu Pos Sigagak dan Pos Simpang Dua. Pos ini agar dilengkapi mobil derek,” katanya.

Rangkaian untuk kegiatan W-20, katanya, dipersiapkan pada tanggal 17, 18, 21, dan 22 Juli. Di saat itulah kita antisipasi jalur masuk dan balik. Untuk itu agar segala sesuatunya dipersiapkan.

Kepada Brimob dan Kodim serta Pemerintah Kota Pematangsiantar, diharapkan bantuannya dalam pengamanan, dengan harapan semuanya berjalan aman dan lancar.
AKBP Fernando menambahkan, rangkaian kegiatan W-20 Summit dilaksanakan di Hotel Niagara Parapat, Kaldera, Ajibata, Ambarita, dan Huta Siallagan Samosir.

“Kita tidak boleh menganggap remeh. Untuk itu kami mohon bantuan dari Brimob, Kodim, dan Pemerintah Kota Pematangsiantar seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta Dinas Kesehatan dalam pengamanan jalur lintasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

AKBP Fernando juga mengharapkan agar rumah sakit mendukung W-20 Summit, yaitu RS Horas Insani, RS Vita Insani, RSUD dr Djasamen Saragih, dan RS Harapan.

“Dan yang perlu diantisipasi kalau pesawat sampai malam, maka penerangan jalan tolong juga dicek. Kita juga berpesan agar Selasa (12/7/2022) kita akan melakukan gladi pengamanan W-20, dengan titik kumpul di Ruang Data Pemerintah Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka No 6 Pematangsiantar,” ujarnya.

Sedangkan Dandim 0207/Simalungun diwakili Dan Unit Kodim Kapten Inf Rahmad menyampaikan, pihaknya siap mendukung segala kegiatan. Sebab event ini menyangkut nama baik negara.

“Kami mohon instansi terkait dapat bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan ini agar berjalan lancar,” pintanya.

Sementara itu, Kajari Kota Pematangsiantar Jurist Precisely SH MH menerangkan, W-20 Summit merupakan kebanggaan, karena momen ini sangat berharga. Ia mengharapkan supaya dibatasi truk-truk yang melintasi jalur Parapat, mengingat kondisi jalan yang sempit.



Kabag Ops Polres Pematangsiantar Kompol Muri Yasnal SH menambahkan, sesuai hasil survei yang dilakukan dari Jembatan Sigagak hingga Masjid Al Hadi Jalan Parapat, ada beberapa ruas jalan yang perlu diperbaiki.

“Banyak rambu jalan yang tidak ada dan tertutup pohon. Sepanjang Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka adalah jalan alternatif, tetapi harus tetap kita antisipasi manakala jalur tersebut yang dilintasi,” tukasnya.

Kasatpol PP Pemko Pematangsiantar Drs Robert Samosir menerangkan personelnya disiapkan untuk mengisi tiap-tiap titik. Ia meminta em[at rumah sakit yang menjadi rujukan disurati untuk mempersiapkan ruangan khusus.

“Kami mengharapkan Dinas Kesehatan menyiapkan ambulans di Pos Pam dan di rest area,” ucap Robert.
Wadan Denpom I/1 Pematangsiantar Mayor CPM. Antonius Sembiring SH meminta semua pihak mendukung kegiatan tersebut.

“Tolong apa-apa yang telah disampaikan agar secepatnya kita kerjakan agar tidak terjadi kesalahan saat kegiatan,” tandasnya.

Lalu, Loisa Tobing dari PPK Balai Besar Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Provinsi Sumatera Utara mengatakan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan W-20 Summit.

“Nantinya jalan yang akan dilintasi merupakan jalan nasional yang merupakan kewenangan Kementerian PUPR, yakni dari Simpang Sigagak ke apil Rambung Merah, diteruskan ke Jalan Sisiangamangaraja menuju Simpang Dua. Lalu Jalan Parapat sampai ke masjid di perbatasan. Jalan-jalan tersebut segera dilakukan pemeliharaan mulai Selasa (12/7/2022),” jelasnya.

Staf Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara, menegaskan jalan alternatif, yakni Jalan gereja yang dilalui rombongan W-20 Summit sedang dalam pemeliharaan dan akan dilakukan koordinasi dengan pimpinan.

Baca juga: Pemko dan Polres Siantar Tinjau Jalan yang Akan Dilintasi Rombongan W-20