JAKARTA, HETANEWS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai bakal menjadikan Garuda Indonesia pemain industri aviasi skala global. Hal tersebut dapat dilihat dari upaya Erick mencarikan investor strategis bagi Garuda Indonesia.

"Kehadiran investor strategis ini tak membuat masyarakat Indonesia hanya sebagai objek. Tetapi menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan transformasi industri aviasi Nasional dan global," kata Sekretaris Eksekutif Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM, Maharani Hapsari, dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 8 Juli 2022.

Menurut dia, pencarian investor merupakan bagian grand design pembenahan Garuda secara komprehensif. Selain mendatangkan kapital yang sangat besar, kehadiran investor strategis di Garuda diharapkan mampu mewujudkan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi aviasi dunia.

Maharani menilai Erick ingin Garuda bisa menjadi pemain utama di industri aviasi nasional. Sehingga, harus bisa memilih dan memilah calon investor strategis tersebut.

"Mereka (investor) harus memiliki visi jangka panjang untuk menggembangkan industri aviasi," ujar Maharani. Di sisi lain, dia menilai perlu ada yang dilengkapi melalui kehadiran investor strategis. Sehingga, kehadiran pemodal di Garuda diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang saat ini dimiliki bangsa Indonesia.

"Dengan sumber daya yang besar yang dimiliki Indonesia diharapkan masuknya investor strategis dapat terpetakan dengan baik," kata Maharani.

Sumber: medcom.id