HETANEWS

Pedagang Sebut PD Paus hanya Cari Keuntungan Saja, Mana Fungsi Sosialnya?

Pertemuan perwakilan pedagang dengan PD Paus, Pemko Siantar, dan Muspika yang dimediasi oleh DPRD Siantar.

Siantar, hetanews.com- Usai rapat di ruang rapat gabungan komisi,  7 orang dari perwakilan pedagang yang telah diutus pedagang menuju Ruangan Ketua DPRD Siantar, Senin (29/06) mengatakan,  di dalam ruangan ketua DPRD Siantar kembali perdebatan antar Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) dengan perwakilan tentang DP dan harga kios.

Dalam pembahasan tersebut, Dirut PD Paus kembali mengatakan bahwa hal tersebut dapat dibicarakan kembali. "Jika memang benar-benar ada pedagang yang tidak sanggup, mari kita bicarakan bagaimana solusinya, asal memang benar-benar tidak mampu, kan engga mungkin bagi yang mampi kita akomodir juga," sebut Herowin.

Kemudian wakil Ketua DPRD Siantar menanyakan kesanggupan dari pedagang. "Ginilah berapa sanggupnya biar kita bicarakan," sebut Mangatas.

Setelah perdebatan yang cukup alot, akhirnya diputuskan pedagang yang benar-benar tidak mampu dibebaskan dari DP. "Tadi sih dalam rapat, kita, pedagang dibebaskan dari DP," kata Binsar.

Namun untuk harga kios pedagang menolak karena berdasarkan perhitungan untuk pembangunan tidak mencapai Rp 125 juta. "Kalo kali-kali kami begini, kita buatlah 1,5 Juta permeter terus lebar bangunan itu 2,5 Meter tambah 4,5 Meter, itu sudah kita hitung ikut teras yah jadikan 7,5 Meter.

Karena dibuat bertingkat, kita kali dia jadi 15 Meter, kemudian dikalikan Rp 1,5 Juta jadi Rp 31,5 Juta, kita tambahkan lah sama ngurus air dan listrik jadi Rp 8 Juta jadi Rp 39,5 Juta, sedangkan perhitungan PD Paus Rp 80 Juta," kata Binsar.

Kemudian Diego Maradona Malau mengatakan bahwa PD Paus hanya mencari untung. "Coba aja dari harga 80 juta perkios aja udah ngambil untung berapa orang PD Paus dari pedagang kecil ini, dimana lagi fungsi sosial dari perusahaan daerah," kata Diego.

Penulis: tom. Editor: ebp.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.