HETANEWS.com - Pemain yang disebut-sebut bisa membela Timnas Timor Leste, Fabio Carvalho, resmi diperkenalkan Liverpool pada Minggu (3/7) kemarin sebagai rekrutan anyar. Gelandang berusia 19 tahun tersebut didatangkan The Reds dari Fulham.

Liverpool sejatinya telah mengumumkan transfer Carvalho pada Mei silam. Namun, kepindahan Carvalho secara resmi rampung saat bursa transfer musim panas 2022.

Sejujurnya saya tak bisa berkata-kata. Sungguh perasaan yang luar biasa berada di sini di salah satu klub terbesar di dunia. Jadi, saya senang berada di sini dan saya tidak sabar untuk memulai," ungkap Carvalho dikutip dari laman resmi Liverpool.

"Sejujurnya, ada ketertarikan dari banyak klub tetapi saya tidak membiarkan hal itu sampai ke kepala saya karena jelas saya memiliki musim untuk fokus. Begitu Anda mendengar bahwa Liverpool tertarik, hanya ada satu pikiran di benak Anda, yaitu bergabung dengan mereka dan mencoba masuk ke skuad. Semoga saya bisa mencapai hal-hal besar," bebernya.

Di Liverpool, Fabio Carvalho akan mengenakan seragam nomor 28. Diwartakan Mirror, Carvalho didatangkan ‘Merseyside Merah’ dengan mahar yang mencapai 7,7 juta poundsterling (sekitar Rp 139 miliar). Menurut Transfermarkt, ia diikat dengan durasi kontrak sampai Juni 2027.

Pada musim 2021/22, Carvalho tampil reguler bersama tim senior Fulham. Total, ia mencatatkan 11 gol dan 8 assist dari 38 penampilan lintas ajang. Pemain kelahiran Portugal ini turut berperan penting dalam keberhasilan Fulham promosi ke Premier League pada musim depan.

Menyoal darah Timor Leste yang dimiliki Fabio Carvalho, hal tersebut tidak dijelaskan dengan rinci. Namun, Sportsmole mewartakan bahwa Carvalho memenuhi syarat untuk mewakili tiga negara, yakni Timor Leste, Portugal, dan Inggris.

Awalnya ia sempat membela Inggris mulai dari U-15 hingga U-18. Namun, kini ia berpaling dan memilih memperkuat Portugal. Saat ini ia tergabung di tim Portugal U-21 dan telah mengemas empat caps.

Sementara, menurut PortuGOAL, Carvalho lahir di Lisbon tetapi memiliki darah Timor Leste.

"Lahir di Lisbon keturunan Timor [Leste], Carvalho menghabiskan waktu di akademi Benfica sebelum pindah ke Inggris pada usia sekitar sepuluh tahun," tulis PortuGOAL.

sumber: kumparan.com