HETANEWS.com - Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani menghadiri acara Pembukaan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) Medan 2022.

Acara pembukaan digelar di Convention Hotel Santika Dyandra Medan, Kamis (30/6/2022) sekitar pukul 13.00 WIB. Sedangkan Raker Komwil I APEKSI Medan 2022 berlangsung 29 Juni hingga 1 Juli 2022.

Ketua APEKSI Nasional Bima Arya dalam sambutannya mengatakan, sejatinya tugas dan tantangan sebagai wali kota ada dua, yaitu membangun kota yang berkarakter dan menjadikan kota yang bermanfaat.

"Salah satu kota di Indonesia yang berkarakter kuat adalah Kota Medan. Kalau kota sudah berkarakter, insya Allah kota itu juga bermanfaat. Insya Allah kita sama-sama komit dan konsisten untuk menjadikan kota yang ekonominya berkembang tanpa meninggalkan siapa pun, dan mari kita komit untuk mendorong pertumbuhan UMKM," katanya.

Sementara itu, Ketua Komwil I APEKSI Muhammad Bobby Nasution di awal sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh peserta APEKSI Komwil I, apabila dalam penyambutan ataupun penyelenggaraan Rapat Kerja Komwil I ada kekurangan dan tidak pas di hati.

"Saya dan masyarakat Kota Medan memohon maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan hasil rapat kerja kita di Komwil I ini benar-benar bisa menyuarakan apa-apa saja persoalan, permasalahan, dan solusi, juga tentunya buat masyarakat di daerah kita masing-masing," sebutnya.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani berharap Raker Komwil I APEKSI Medan 2022 dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi melalui Ekonomi Inklusif dan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Handal”, membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat di daerah masing-masing.

Acara dilanjutkan diskusi dan mengunjungi stand APEKSI Expo 2022 di Lapangan Benteng Medan.

Ketua Dekranasda Kota Pematangsiantar H Kusma Erizal Ginting di APEKSI Expo 2022 menerangkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar membawa produk UMKM dari masyarakat kota Pematangsiantar.

"Seperti yang kita ketahui, Kota Pematangsiantar terkenal dengan kulinernya. Jadi stand Pemerintah Kota Pematangsiantar diisi beberapa kuliner," sebutnya

Kuliner yang ditonjolkan adalah buah pala yang diolah menjadi berbagai macam bentuk seperti dodol buah pala, kopi buah pala, dan makanan lain dari buah pala. Ada juga kerajinan tangan seperti kain ulos, tas, baju, dan replika becak.

"Dengan adanya APEKSI Expo 2022, kita berharap UMKM di Kota Pematangsiantar dapat terus bangkit," tukasnya.

Selain kuliner dan kerajinan tangan, stand Pemko Pematangsiantar mempromosikan destinasi pariwisata Kota Pematangsiantar, seperti Taman Hewan Siantar yang termasuk taman hewan keempat yang tertua di Indonesia.

Di Taman Hewan Siantar, dengan suasana sejuk, pengunjung bisa mengeksplor berbagai satwa dan juga edukasi tentang kehidupan hewan-hewan yang ada.