HUMBAHAS, HETANEWS.com - Pengalaman sulit dalam pendidikan terutama matematika, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor,  meningkatkan SDM Melalui Metode Gasing.

Hal ini disampaikannya pada pembukaan Pelatihan Matematika Gasing Senin, (27/6/2022) di SMP Negeri 2 Doloksanggul.

Metode Gasing bukan hanya mempelajari tambah, kurang, kali dan bagi tetapi lebih jauh untuk mengajari anak-anak berlogika sehingga bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak akan diajari dengan memakai logika sehingga nantinya akan mampu bagaimana membagi waktu nya untuk belajar dan bermain, nantinya akan mampu untuk menghitung pekerjaan orang tua, menghitung kasih sayang sehingga bisa berbagi dan tidak egois.

Kalau hanya untuk berhitung kali dan bagi bisa menggunakan kalkulator.

Pembelajaran metode gasing ini akan disosialisasikan dan diterapkan kepada guru dan siswa di seluruh Humbang Hasundutan dari 10 Kecamatan. 

Diharapkan kepada seluruh peserta anak didik dan guru untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan serius, karena akan membawa dampak positif dan perubahan dalam pembelajaran kepada anak-anak.

Anak-anak nantinya diharapkan mampu berbagi ilmu juga kepada teman-temannya, demikian juga dengan guru-gurunya.

Lebih kurang 900 orang anak-anak didik dan 300 guru diikutsertakan dalam pelatihan matematika gasing ini. 

Sementara itu, Prof. Drs. Yohanes Surya dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam perkembangan dunia ini hebat karena kemajuan matematika.

Kurangnya pengetahuan matematika dibeberapa daerah di Indonesia menjadikan professor Surya memilih untuk mencari satu metode untuk gampang dan menyenangkan dalam belajar matematika.

Humbang Hasundutan menjadi yang pertama dalam penerapan metode gasing untuk anak-anak didik dan guru-guru. Dengan jumalh 900 anak dan 300 guru yang dilatih ini akan membawa perubahan.

Anak-anak nanti diharapkan akan anak yang pintar dan lebih maju demikian guru-gurunya akan menjadi pelopor untuk memajukan pendidikan anak-anak dalam bidang matematika.

Mewakili salah seorang dari orang tua siswa dari SD Negeri Siborutorop, Kecamatan Paranginan menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dan Profesor Surya yang memikirkan anak-anak dalam bidang pendidikan. 

Orang tua siswa merasa senang dengan adanya pelatihan metode gasing untuk peningkatan pendidikan terutama dalam pembelajaran matematika.

Diharapkan, bukan hanya pelatihan matematika gasing tetapi juga peningkatan pendidikan anak-anak untuk berbahasa asing terutama Bahasa inggris, sehingga kedepan anak-anak kita bisa go internasional.

Pelatihan anak-anak dipusatkan di SMP Negeri 2 Doloksanggul sementara untuk guru-guru dipusatkan di Aula Hutamas Doloksanggul. Pelatihan ini dilaksanakan  mulai 25 s/d Juni 2022.